Ragam keunggulan rumah pintar, harga, dan alasan kenapa Anda harus memilikinya!

Rumah dan Properti
05 Juli 2022
Bagikan:
Ragam keunggulan rumah pintar, harga, dan alasan kenapa Anda harus memilikinya!

Teknologi yang semakin maju sangat membantu sibuknya mobilitas para kaum urban yang produktif, salah satunya adalah teknologi rumah pintar. smart home atau rumah pintar adalah integrasi dari teknologi dan layanan masyarakat melalui jaringan internet untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Rumah pintar memiliki banyak keunggulan yang dapat membantu Anda dalam menghemat waktu dan tenaga saat berada di rumah. Lebih jelasnya rumah pintar atau smart home system yang dimaksud adalah otomatisasi fungsi rumah yang membuat anda dapat mengontrol rumah dengan sistem gawai atau online melalui sebuah platform. Berikut kami rangkum ragam keunggulan, langkah, dan kisaran biaya apa saja yang harus Anda keluarkan dalam artikel ini.

5 Keunggulan Miliki Rumah Rumah Pintar!

Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol rumah seperti mengatur suhu ruangan baik mengontrol AC atau Heater, mengatur cahaya, mengatur beberapa fasilitas hiburan, dan beberapa pengaturan pada perabotan rumah lainnya hanya dengan satu perangkat. Keunggulan lainnya pun masih beragam, simak 5 keunggulan rumah pintar berikut ini:

1. Hidup Jadi Lebih Praktis dan Fleksibel

Salah satu indikator kehidupan modern adalah efisiensi. Dengan hadirnya teknologi canggih seperti bola lampu pintar yang bisa dikontrol lewat aplikasi smartphone, maka hidup jadi lebih praktis. Bukan cuma nilai efisien dari kelebihan rumah pintar atau smart home, dengan adanya teknologi tersebut, pekerjaan akan terasa lebih mudah dan lebih fleksibel.

2. Keamanan Rumah Lebih Terjamin

Perangkat dari rumah pintar akan segera mengirim pesan ke perangkat Anda jika terjadi sesuatu. Dengan sistem rumah pintar Anda dapat mengetahui kondisi rumah secara mudah dan bisa juga melakukan controller system dari jarak jauh. Mendeteksi adanya pergerakan di dalam rumah, mengawasi lingkungan rumah menggunakan kamera pengintai dan sebagainya. Tanpa harus berkeliling rumah, keamanan rumah sudah sangat terjamin. Teknologi ini bisa mengunci rumah secara otomatis dengan pemasangan sensor khusus yang diletakkan di depan pintu dengan cara kerja melalui sensor dengan fingerprint, password, atau foto wajah.

3. Ramah Lingkungan

Teknologi rumah pintar juga memiliki kelebihan lain yaitu ramah lingkungan dengan penggunaan sumber daya yang lebih cerdas seperti menggunakan air dan listrik secara rasional. Sebagai contoh, Anda dapat mengatur dalam menyalakan atau mematikan lampu, ataupun sumber listrik lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda hanya dengan satu perangkat ataupun dengan sensor yang bisa menyalakan atau mematikan lampu dari keberadaan seseorang.

4. Satu Perangkat untuk Semua Alat

Remote control pada umunya hanya bisa mengontrol alat elektronik pada radius tertentu. Namun, remote control yang Anda gunakan untuk smart home sangatlah canggih. Karena Anda bisa mengontrol segala sesuatunya di rumah meski Anda sedang berada di luar rumah. Sebagai contoh, Anda meninggalkan rumah dalam keadaan lampu yang masih menyala. Dengan remote khusus, Anda bisa mematikan lampu atau menggunakan remote tersebut untuk mematikan semua lampu rumah.

5. Penggunaan yang Dapat Dikendalikan

Pengunaan smart home system yang terhubung dengan perangkat Anda tentunya juga dapat dikendalikan dimanapun Anda berada. Pastinya dengan hal tersebut sangat memudahkan Anda dalam mengontrol penggunaan daya listrik dirumah. Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengevaluasi penggunaan listrik yang tidak Anda perlukan. Teknologi ini praktis, mudah, dan tentu saja menyenangkan.

6. Part yang Bisa Dicoba Untuk Memulai Smarthome

Untuk memulai memiliki smarthome, Anda bisa miliki beberapa peralatan berikut untuk coba memulainya, yaitu:

  • CCTV, Salah satu contoh paling nyata adalah pemasangan sistem pengawasan video rumahan yang terhubung ke internet. Kamera tersebut akan bekerja 24/7 dan memungkinkan pemilik untuk melihat apa yang terjadi di mana saja di rumah melalui aplikasi di ponsel cerdas. Terkadang kamera semacam itu memiliki sensor gerak – jika kamera melihat sesuatu bergerak (baik itu kucing, anjing, atau penyusup), kamera akan merekam file dan mengirimkannya ke server. Perangkat kemudian menerima pemberitahuan sehingga Anda dapat bereaksi secepat mungkin dan mungkin mencegah properti Anda dibobol.

  • Smart lock, Kunci rumah modern saat ini menggunakan kode akses untuk masuk ke dalam rumah Anda atau biasa disebut sebagai smart lock system. Fungsinya juga lebih dari sekedar menghindari penyusup masuk melainkan dapat mengirimkan pemberitahuan ketika seseorang sedang masuk atau keluar dari rumah Anda.

  • Smart Lighting, Anda dapat mengontrol lampu-lampu yang sudah terhubung melalui smartphone. Mulai dari mematikan dan menyalakan, semua bisa dilakukan dengan hanya sentuhan jari saja. Kehadiran lampu berteknologi canggih ini tentu dapat menghemat penggunaan listrik, sehingga anggaran bulanan menjadi lebih hemat.

  • Smart Thermostat, Berfungsi untuk mengatur pendinginan di dalam rumah. Alat ini mampu memutus dan menyalakan kembali peralatan pendingin rumah secara otomatis. Untuk smart thermostat Anda bisa mengontrolnya jauh lebih mudah. Alat ini mampu mendeteksi saat Anda pergi sehingga alat pendingin akan dimatikan secara otomatis. Kehadiran smart thermostat tentu membuat penggunaan listrik jadi jauh lebih hemat

Langkah Awal dalam Membangun Rumah Pintar

1. Kesiapan Daya Listrik

Jaringan listrik yang baik merupakan kunci utama agar sistem smart home bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tidak hanya sebagai sumber tenaga bagi seluruh peralatan elektronik, listrik juga sangat berperan penting untuk menghidupkan jaringan internet yang notabene menjadi konektor seluruh perangkat rumah pintar.

2. Jaringan Internet yang Stabil

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah jaringan atau koneksi internet. Karena seluruh pengoperasian sistem smart home bergantung pada koneksi internet, maka keberadaan internet di rumah hukumnya wajib. Hal-hal mengenai koneksi internet di rumah yang harus diperhatikan adalah kecepatan dan stabilitas koneksi, kedua hal tersebut penting karena penggunaan perangkat smart home tetap berjalan lancar.

3. Kesiapan Perangkat yang Dibutuhkan

Anda perlu menentukan apa saja perangkat smart home yang dibutuhkan di rumah. Sebagai catatan, ada banyak sekali produk smart home yang tersedia di pasaran, seperti lampu, pengunci pintu, kamera CCTV, colokan listrik, bel pintu, sensor, dan lain-lain. Pilihlah perangkat-perangkat yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Anda bisa mengecek situs-situs penyedia perangkat smart home atau membaca review dari orang lain untuk melihat beragam varian perangkat dan menentukan perangkat apa yang cocok digunakan di rumah.

4. Lokasi Rumah yang Memadai dari Segi Infrastruktur dan Teknologi

Selain beberapa hal di atas, yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah menentukan lokasi rumah yang memadai dari segi infrastruktur serta teknologi yang memadai untuk menerapkan sistem rumah pintar. Salah satunya ada di kawasan Pulomas Raya, Jakarta Timur. Dilengkapi dengan instalasi smart home di tiap unitnya. Dengan sistem ini, Anda bisa mengendalikan hampir seluruh instalasi yang terdapat pada rumah, mulai dari televisi, pendingin udara dan lain sebagainya. Setiap unit juga memiliki solahart untuk pemanas air, instalasi pendingin udara, listrik, telepon dan televisi kabel.

Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk Miliki Rumah Pintar?

1. Tentukan Budget yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah persoalan biaya atau anggaran untuk menggunakan perangkat smart home. Sebagai produk dengan teknologi yang lebih mumpuni daripada versi regulernya, wajar jika perangkat smart home umumnya lebih membutuhkan biaya yang lebih daripada rumah biasa. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menentukan anggaran yang sesuai sebelum mulai beralih menggunakan perangkat smart home.

2. Tentukan Perangkat Apa Saja yang Sudah Disesuaikan dengan Budget Anda

Biaya minimal untuk memiliki smart home system bisa dimulai dengan membeli alat-alatnya yang memiliki harga kisaran Rp 2 juta – 3 juta rupiah. Namun biaya ini sebenarnya variatif atau sangat tergantung daripada keperluan dan keinginan kita untuk memilih alat smart home yang ingin kita gunakan. Berikut rinciannya:

baru.png

3. Kisaran Biaya Rumah dengan Teknologi Rumah Pintar

Dengan budget Rp 400 juta hingga Rp 1 miliar, Anda sudah bisa mendapatkan rumah pintar di daerah Serpong yang pernah menjadi proyek percontohan dalam penerapan rumah pintar. Penghuni mendapat fasilitas telepon, TV kabel, dan internet gratis. Dengan personal PIN ID, setiap penghuni mempunyai akses pengaturan rumah pintarnya. Mulai dari instalasi lampu, pendingin udara, kamera CCTV bahkan panic button, di kendalikan langsung dari ponsel pintar. Pengembang juga mengklaim perumahan ini ramah lingkungan dengan peruntukan 65 persen lahan hijau dari total luas lahan enam hektar.

Jika anda tertarik untuk memiliki rumah pintar tanpa repot, Anda dapat berkonsultasi dengan tim Mortgage Master untuk membantu Anda mencarikan rumah pintar yang sesuai untuk Anda dari segi lokasi hingga budget. Fasilitas konsultasi kami bisa Anda dapatkan secara gratis hanya dengan mengisi formulir registrasi secara online.

Bagikan:
Artikel Terkait