Pilihan Situs Online Sebagai Solusi Beli Rumah dan Pengajuan KPR - Mortgage Master Blog

Pilihan Situs Online Sebagai Solusi Beli Rumah dan Pengajuan KPR


- by Bunga Kusuma
solusi-beli-rumah.jpg

Banyak hal yang perlu disiapkan saat membeli rumah pertama. Mulai dari berburu rumah yang tepat, mempersiapkan uang muka, sampai mengurus pengajuan kredit rumah atau KPR. Semuanya perlu kita lakukan dengan cermat agar keputusan ini tidak kita sesali di kemudian hari.

Ya, membeli rumah pertama memang membutuhkan proses yang panjang. Tentu akan melelahkan dan memakan waktu jika Anda harus melakukan semuanya sendiri. Beruntung, kini sudah banyak perusahaan teknologi atau startup yang dapat membantu Anda dalam tiap fase pembelian rumah.

Dengan inovasi dari perusahaan-perusahaan teknologi ini, proses pencarian dan pembelian rumah pertama bisa jadi lebih mudah dan cepat. Sebab, semuanya bisa Anda lakukan secara online, tanpa harus keluar rumah. Penasaran? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mencari dan membeli rumah secara online

Sebelum mendapatkan rumah impian, tentunya Anda harus mencari dulu “kandidat” yang tepat dan kemudian mengerucutkan pilihan. Masalahnya, ada banyak rumah yang dijual di pasaran dengan lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Apa iya harus mengunjungi lokasinya langsung satu-persatu? Terbayang betapa repot dan ribetnya kita jika harus melakukan hal ini.

Jangan panik dulu. Kini kita bisa melakukan proses pencarian rumah dengan lebih mudah lewat Internet. Berikut ini beberapa situs yang bisa Anda tuju untuk mencari rumah yang tepat.

1. Situs marketplace properti

Situs marketplace merupakan tempat jual beli yang tersedia secara online. Tak hanya barang konsumsi dan rumah tangga, kini kita juga bisa menemukan marketplace properti yang khusus menjual aset properti, seperti rumah dan apartemen.

Dengan mengunjungi situs seperti ini, Anda bisa berburu rumah dengan lebih mudah dan efektif. Mulai dari harga, spesifikasi, sampai lokasi rumah bisa langsung Anda ketahui dari display properti yang tertera. Jika ada yang cocok, Anda pun dapat menghubungi kontak penjual yang juga dimuat di halaman properti tersebut.

Beberapa situs marketplace properti yang ada di Indonesia, di antaranya rumah.com, rumah123.com, lamudi.co.id, 99.co, dan masih banyak lagi.

2. Situs lelang rumah bank

Jika Anda juga tertarik membeli rumah bekas atau secondhand, Anda bisa mengunjungi situs lelang rumah dari bank. Rumah yang dilelang oleh bank umumnya lebih murah jika dibandingkan dengan rumah bekas biasa yang tersedia di situs marketplace properti. Jadi opsi ini cocok bagi Anda yang memiliki bujet ketat.

Bank yang memiliki aset lelang properti umumnya adalah bank BUMN. Berikut ini situs resmi mereka yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan informasi lelang:

Mencari dan mengajukan KPR online

Jika sudah menemukan rumah yang cocok, kini saatnya Anda mencari produk KPR yang tepat. Tahap ini juga merupakan tahap yang sangat penting dalam pembelian rumah, karena menentukan beban keuangan Anda di masa depan.

Jika berhasil menemukan KPR yang tepat, maka kemungkinan besar kondisi keuangan Anda akan lancar ke depannya. Namun sebaliknya, jika salah memilih produk KPR, maka sangat mungkin kalau beban cicilan KPR akan membuat keuangan Anda berantakan di masa depan.

Oleh karena itu, penting untuk mencari dan memilih kredit rumah dengan teliti dan cermat. Berikut ini sejumlah situs yang bisa membantu Anda dalam pencarian dan pengajuan pinjaman KPR online.

(Baca: 7 Cara Memilih Pinjaman KPR Terbaik untuk Anda)

1. Situs resmi bank

Beberapa bank sudah memiliki website resmi di Internet yang memuat produk-produk pinjaman mereka, termasuk KPR. Beberapa bank yang telah memiliki situs resmi ini, di antaranya BNI, BCA, BTN, CIMB, dan sebagainya. Anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut dan membaca dengan teliti mengenai detail produk KPR dari masing-masing bank.

Jika memerlukan info lebih lanjut mengenai produk KPR tertentu, Anda bisa menghubungi kontak resmi yang tersedia di situs terkait atau chat customer service bank secara online.

2. Situs perbandingan produk KPR

Anda juga bisa mendapatkan info produk KPR online di situs perbandingan produk KPR. Kelebihan dari situs seperti ini adalah Anda dapat membandingkan beragam produk KPR yang ada di Indonesia dan memilih yang paling baik. Jadi tak terbatas hanya dari satu bank saja.

Beberapa situs perbandingan produk KPR yang bisa Anda kunjungi, di antaranya cermati.com dan cekaja.com. Selain mencari KPR secara online, situs-situs ini juga menyediakan layanan pengajuan KPR online.

3. Situs konsultan KPR online

Situs konsultan KPR online tak hanya dapat membantu Anda mengajukan pinjaman KPR, tapi juga memandu Anda menemukan produk KPR yang tepat. Fungsinya mirip dengan situs komparasi, tapi di sini Anda akan dipandu langsung oleh konsultan yang memang ahli di industri KPR, mulai dari proses pemilihan, profiling, hingga pengajuan KPR.

Contoh situs konsultan KPR online di Indonesia adalah Mortgage Master. Bagi Anda yang ingin mengajukan KPR tapi masih buta soal produk pembiayaan yang satu ini, menghubungi jasa konsultan KPR online sangatlah direkomendasikan agar Anda dapat memilih KPR yang benar-benar cocok dengan profil keuangan Anda.

(Baca: Konsultan KPR Online Mortgage Master: Solusi Pengajuan KPR Anda)

Memperbaiki skor kredit

solusi-beli-rumah-1.jpg

Skor kredit merupakan sistem penilaian dari perbankan yang mencerminkan kualitas kredit kita. Angka ini ibarat nilai rapor nasabah untuk pembayaran kredit yang diberikan oleh bank. Jadi semakin baik dan disiplin kita dalam membayar pinjaman, maka skor kredit kita pun semakin bagus.

Dalam pengajuan KPR, skor kredit yang buruk kerap kali menjadi alasan utama bank menolak permohonan KPR seseorang. Skor kredit yang buruk umumnya disebabkan karena kita memiliki kredit macet atau tunggakan kredit kepada bank. Jika Anda termasuk dalam kategori nasabah seperti ini, maka hampir bisa dipastikan kalau pengajuan KPR Anda akan ditolak.

Tapi jangan putus asa. Kita bisa memperbaiki skor kredit kita dengan segera melunasi utang kita kepada bank. Untuk mempermudah Anda dalam proses ini, Anda bisa meminta bantuan jasa negosiator atau konsultan konsolidasi utang online. Salah satu contohnya adalah amalan.com, yang merupakan salah satu partner Mortgage Master.

Jasa negosiator utang ini bisa Anda gunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses negosiasi kredit dengan pihak bank. Karena lebih berpengalaman, hasil negosiasi pun kerap kali lebih memuaskan jika dibandingkan dengan melakukan proses ini sendiri.

Mempersiapkan DP rumah

Uang muka atau DP rumah merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pembelian rumah kerap tertunda. Pasalnya, bagi sebagian orang, mengumpulkan uang DP rumah membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun.

Beruntung, dengan perkembangan teknologi, kini sudah ada solusi yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi masalah ini. Contohnya dengan skema rent-to-own atau sewa-ke-milik yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan proptech (property technology).

Secara garis besar, skema rent-to-own memungkinkan Anda untuk menyewa rumah yang ingin Anda beli hingga uang DP terkumpul.

Perusahaan proptech akan membeli terlebih dulu rumah incaran kita dan kemudian menyewakannya untuk jangka waktu tertentu. Kita kemudian akan membayar uang sewa kepada perusahaan proptech sesuai kesepakatan hingga masa perjanjian berakhir. Uang sewa yang kita bayarkan tersebut terdiri dari 70% untuk sewa rumah dan 30% untuk tabungan kepemilikan rumah.

Dengan demikian, di akhir masa perjanjian, maka kita sudah memiliki sejumlah dana tunai yang bisa kita gunakan sebagai DP rumah dan modal mengajukan KPR. Kita juga sudah menghindari potensi rumah tersebut jatuh ke tangan orang lain dan mengalami kenaikan harga apabila kita menunda pembelian.

Salah satu perusahaan proptech yang menawarkan jasa rent-to-own di Indonesia adalah taphomes.co.id, yang juga merupakan salah satu rekanan Mortgage Master. Dengan fasilitas ini, Anda hanya perlu menyiapkan DP sebesar 2 persen dari harga rumah, dan proses sewa pun bisa mulai berjalan. Adapun masa sewa bisa berlangsung selama 3-5 tahun, tergantung preferensi dan kemampuan Anda.

Dengan kemajuan teknologi, ada banyak layanan online yang bisa kita manfaatkan untuk mempermudah transaksi pembelian rumah dan pengajuan KPR. Tak hanya itu, layanan tersebut juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang menghambat proses pembelian rumah kita.

Sebagai konsumen cerdas, sudah sepatutnya kita mengetahui situs-situs dan website yang bisa kita tuju dalam pencarian rumah impian. Sebab seperti kata pepatah, “Pengetahuan merupakan senjata yang paling ampuh untuk menaklukkan dunia.”

Posted in Rumah on Jul 15, 2021.