Kapan Waktu yang Tepat untuk Jual Rumah? Ini Panduannya - Mortgage Master Blog

Kapan Waktu yang Tepat untuk Jual Rumah? Ini Panduannya


- by Admin Person
jual-rumah.jpg

Sama seperti membeli rumah, menjual rumah merupakan keputusan besar yang perlu dipikirkan dengan matang. Tidak jarang, banyak orang bertanya, “Sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk jual rumah?” Namun tak banyak yang sukses menjawab pertanyaan ini.

Waktu yang tepat untuk jual rumah sangatlah tergantung kepada banyak faktor, sehingga jawabannya akan berbeda-beda tergantung situasi dan kondisi individu yang bersangkutan. Waktu yang tepat bagi A, mungkin bukanlah waktu yang baik bagi B untuk jual rumah. Begitupun sebaliknya.

Jadi jika Anda termasuk yang mencoba menjawab pertanyaan ini, ada baiknya pikirkan sejumlah faktor berikut.

1. Apa perlu jual sekarang?

Sebelum bertanya kapan saat yang tepat untuk jual rumah, Anda perlu menjawab kenapa perlu menjual rumah. Apakah kebutuhannya mendesak? Apa bisa menunda penjualan?

Pertanyaan-pertanyaan ini akan mempengaruhi keputusan Anda untuk memilih waktu yang tepat untuk menjual rumah. Jika memang perlu menjual karena ada kebutuhan mendesak yang memerlukan dana besar, maka menjual rumah sekarang atau secepat mungkin bisa menjadi keputusan terbaik. Begitupun jika penjualan rumah perlu dilakukan karena tuntutan situasi, misalnya dipindahkan lokasi kerja untuk waktu yang lama.

Namun jika Anda ingin menjual rumah karena ingin pindah ke hunian atau lokasi yang lebih baik, waktu penjualan masih bisa disesuaikan sesuai dengan situasi dan kondisi. Misalnya, Anda bisa menjualnya ketika sudah mendapatkan hunian pengganti yang lebih baik, atau ketika mendapatkan penawaran harga terbaik.

(Baca: 7 Tips Ampuh Menjual Rumah Tanpa Perantara atau Broker)

2. Suku bunga

Jual beli properti, termasuk rumah akan sangat dipengaruhi oleh suku bunga Bank Indonesia (BI). Jika suku bunga naik, maka bunga KPR atau kredit pemilikan rumah akan jadi tinggi. Alhasil, pembelian rumah pun akan turun. Sebaliknya, jika suku bunga BI turun, maka bunga KPR akan jadi rendah. Permintaan akan rumah pun akan meningkat.

Dengan kata lain, ketika suku bunga BI sedang rendah-rendahnya, bisa jadi ini merupakan waktu yang tepat untuk menjual rumah Anda. Sebab, permintaan akan rumah sedang tinggi-tingginya, sehingga semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan calon pembeli potensial dengan penawaran terbaik.

3. Pembangunan infrastruktur

jual-rumah-1.jpg

Pembangunan infrastruktur semakin gencar dilakukan oleh pemerintah di berbagai wilayah Indonesia, mulai dari kota besar, kota pendukung, sampai pedesaan. Pembangunan jalan tol, jalan layang, MRT, sampai LRT, akan sangat mempengaruhi harga jual rumah di sekitar area-area tersebut.

Jika rumah Anda berada di lokasi yang dekat dengan titik-titik pembangunan ini, Anda bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk mendapatkan capital gain dengan menjual rumah Anda. Alasannya, pembangunan infrastruktur akan mendongkrak harga jual rumah hingga berkali-kali lipat. Apabila Anda mengincar keuntungan seperti ini, maka mempertimbangkan untuk jual rumah sekarang bisa jadi pilihan menarik.

4. Mendapat penawaran harga sangat menarik

Tidak jarang, meskipun kita tidak berniat menjual rumah, tiba-tiba datang penawaran yang terlalu menarik untuk dilewatkan. Misalnya, jika rumah Anda terletak di lokasi strategis dan menjadi incaran developer atau pihak lain yang tertarik untuk membelinya sebagai lahan bisnis.

Jika mendapat penawaran seperti ini, jangan terburu-buru untuk menolaknya. Lihat dulu nilai penawaran yang diajukan. Apabila menurut Anda angka yang ditawarkan di atas harga pasar dan kecil kemungkinannya Anda mendapatkan penawaran seperti ini lagi di masa depan, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan tawaran tersebut dengan serius. Siapa tahu, ini pertanda bahwa sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk jual rumah.

5. Kebutuhan yang meningkat

Seiring dengan berjalannya waktu, kebutuhan kita pun akan meningkat dengan bertambahnya anggota keluarga baru. Mungkin rumah yang lama bisa memenuhi kebutuhan kita dengan baik ketika belum ada si buah hati. Namun ketika jumlah anak bertambah, ada potensi bahwa hunian yang ada sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan kita meski dengan renovasi sekalipun.

Pada saat inilah mungkin menjual rumah bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda. Sebab bagaimanapun, kebutuhan keluarga tetaplah menjadi yang utama. Meski demikian, usahakan untuk mempertimbangkan faktor lain, seperti suku bunga dan kondisi ekonomi nasional untuk memastikan bahwa penjualan rumah Anda dapat membuahkan hasil yang optimal.

(Baca: Cara Menjual Rumah Online dan Offline Agar Cepat Laku)

Tips menjual rumah

Jika sudah yakin bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk menjual rumah, kini saatnya Anda mengetahui tips menjual rumah yang benar agar cepat laku. Berikut ini di antaranya:

1. Iklankan di situs jual beli properti

Untuk memperbesar kesempatan Anda mendapatkan pembeli potensial, pasarkan rumah Anda di situs jual beli properti online. Situs seperti ini sudah banyak tersedia di Indonesia dan sangat ampuh untuk membantu Anda menjangkau calon pembeli lebih luas.

2. Sebarkan di sosial media dan forum komunitas

Tak hanya memasarkan hunian di situs jual beli, Anda juga bisa menyebarkan informasi penjualan rumah lewat akun sosial media Anda. Dengan begitu, teman dalam jaringan sosial Anda bisa membantu menyebarkan informasi ini kepada teman-teman mereka. Tak hanya itu, manfaatkan juga forum komunitas untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

3. Iklankan penjualan rumah secara online

Jika ada bujet lebih, Anda juga bisa mengiklankan rumah Anda secara online melalui Google dan sosial media. Memang ada biaya ekstra yang perlu Anda keluarkan di sini, tapi jumlahnya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

4. Sewa jasa broker atau agen properti

Cara yang satu ini terbilang cukup konvensional, tapi masih relevan diimplementasikan. Jika Anda termasuk individu yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus penjualan rumah sendiri, maka menyewa jasa broker properti masih menarik untuk dipertimbangkan. Selain tidak repot, broker juga bisa membantu Anda mendapatkan pembeli potensial dengan lebih cepat.

Jadi bagaimana, sudah mantap mau menjual rumah Anda sekarang? Jika ya, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas agar rumah cepat laku dan cuan berlimpah. Semoga sukses!

Posted in Rumah dan Properti on Jul 27, 2022.