Bisnis Kosan? Ini 8 Fasilitas dan Layanan yang Perlu Ada - Mortgage Master Blog

Bisnis Kosan? Ini 8 Fasilitas dan Layanan yang Perlu Ada


- by Admin Person
bisnis-kosan.jpg

Kos-kosan bisa dibilang merupakan salah satu aset properti yang paling ideal untuk mendapatkan penghasilan pasif jangka panjang. Selain peminatnya banyak, harga sewa kos-kosan pun terus menanjak dari tahun ke tahun. Tapi jangan salah, tak semua bisnis kosan berjalan mulus dan selalu mendatangkan cuan lho.

Kesuksesan kita dalam berbisnis kosan akan sangat tergantung kepada strategi yang diterapkan demi menarik tenan. Tak hanya soal lokasi dan harga, ketersediaan fasilitas penunjang juga menjadi salah satu kuncinya.

Fasilitas penunjang dalam kosan memang erat kaitannya dengan target pasar penyewa yang Anda incar. Meski demikian, secara umum ada sejumlah fasilitas yang kerap dibutuhkan oleh penghuni indekos dan dapat meningkatkan daya tarik kos-kosan yang Anda miliki. Apa saja? Berikut di antaranya.

1. Jaringan Internet yang stabil

Di zaman serba digital seperti sekarang, rasanya sangat sulit untuk hidup tanpa Internet. Terutama bagi generasi Millennial dan generasi Z yang sangat melek teknologi, Internet sudah bukan lagi jadi kebutuhan, tapi keharusan.

Oleh karenanya, jika kosan Anda menyasar pasar yang cenderung muda, misalnya mahasiswa dan pekerja kantoran yang belum menikah, maka pastikan bahwa Internet tersedia. Tapi lebih dari itu, Internet yang ada pun harus memiliki kecepatan serta konektivitas yang baik untuk menunjang kebutuhan para penghuni.

Pasalnya, bagi target pasar yang disebutkan di atas, Internet akan dibutuhkan bukan hanya untuk hiburan, tapi juga untuk urusan pekerjaan dan kepentingan membuat tugas kuliah. Jadi fasilitas yang satu ini sangat penting bagi mereka. Kalau jaringan Internet tidak mumpuni, sangat mungkin tenan Anda akan berpaling ke kosan lain dan tenan baru pun tak kunjung datang.

2. Dapur bersama

Fasilitas kosan yang satu ini juga tak kalah penting. Sudah umum diketahui bahwa mayoritas anak kosan menerapkan gaya hidup hemat alias irit. Tak terkecuali untuk urusan perut. Sebisa mungkin, mereka akan memilih untuk mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri alih-alih membeli makanan dari luar.

Apalagi saat sudah menjelang akhir bulan, baik mahasiswa maupun pekerja kantoran akan semakin mengetatkan ikat pinggang untuk pos kebutuhan yang satu ini. Maka keberadaan dapur bersama di dalam kosan menjadi sangat krusial.

Anda bisa menyediakan dapur bersama yang dilengkapi peralatan masak sederhana, seperti kompor, microwave, panci, wajan, serta alat makan secukupnya. Tak lupa juga sediakan dispenser dan kulkas agar penghuni kosan dapat menyimpan bahan masakan, minuman, atau sisa makanan untuk dikonsumsi kembali.

Untuk memastikan agar dapur tetap bersih dan penggunaannya rapi, Anda bisa buat peraturan pemakaian dapur dan menempelnya di dinding. Kalau perlu sertakan konsekuensi jika melanggar aturan tersebut. Dengan begitu para penghuni kosan puas, tapi Anda pun sebagai pemilik dapat menghindari risiko dapur kotor atau peralatan rusak karena ulah penghuni yang tak bertanggung jawab.

(Baca: Keuntungan Berinvestasi Properti Kos-Kosan dan Risikonya)

3. Laundry

Yang satu ini lebih tepat disebut sebagai service atau layanan daripada fasilitas. Layanan cuci baju atau laundry umumnya juga sangat dibutuhkan anak kos, terutama mereka yang sudah terlalu sibuk dengan kegiatan harian.

Menyediakan ruang khusus laundry koin akan membutuhkan biaya yang cukup besar dan juga perlu ruangan tambahan. Oleh karena itu, Anda bisa menyiasatinya dengan menyediakan layanan penitipan cuci baju. Penghuni kosan bisa menyerahkan baju kotor mereka kepada Anda, lalu Anda lah yang akan mencuci serta menyetrikanya sendiri.

Tapi pastikan untuk tidak mencampur aduk pakaian antar penghuni, sehingga membuat pakaian tertukar. Apalagi merusak dan menghilangkan pakaian mereka. Ini bisa membuat penghuni komplain dan bahkan kabur dari kosan Anda.

4. Jasa bersih-bersih kamar kos

bisnis-kosan-1.jpg

Salah satu hal yang paling malas dilakukan oleh anak kos adalah bersih-bersih kamar kosan. Anda bisa menjadikan celah ini sebagai peluang untuk meningkatkan daya tarik kosan Anda. Caranya dengan menyediakan jasa bersih-bersih.

Anda bisa tentukan jadwal bersih-bersih rutin, misalnya setiap minggu kedua dan keempat di hari Sabtu. Atau bisa juga Anda sediakan sesuai permintaan atau by request, dan biayanya belum termasuk ke dalam biaya sewa kos bulanan yang Anda tetapkan. Dengan begitu, penghuni dapat lebih fleksibel dalam memanfaatkan layanan ini.

5. Kantin atau pujasera

Meski saat ini sudah banyak layanan ojek online yang juga menyediakan jasa antar makanan, terkadang ada situasi dan kondisi yang membuat kita terpaksa membeli makanan sendiri. Saat hujan misalnya, atau ketika ongkos antar sedang mahal. Di situasi inilah, keberadaan kantin atau pujasera di dalam komplek kosan menjadi nilai tambah bagi penghuni.

Tak perlu sediakan menu yang aneh-aneh atau terlampau mewah. Menu warung kopi sederhana seperti mie instan, bubur kacang ijo, gorengan, kue-kue basah, dan nasi goreng sudah cukup jadi pengganjal perut.

6. Warung sederhana

Fasilitas selanjutnya yang bisa menunjang bisnis kosan adalah warung sederhana. Isi warung dengan barang-barang kebutuhan utama, seperti sabun mandi, pasta gigi, deterjen, pembalut wanita, sabun cuci piring, sampo, dan sejenisnya. Ini akan memudahkan penghuni ketika butuh barang-barang tersebut secara mendesak.

Bagi pemilik kosan, ini juga bisa menjadi sumber pemasukan tambahan. Tapi ingat, jangan ambil margin terlalu besar dari sini. Alih-alih membuat penghuni puas dan merasa nyaman tinggal di kosan, Anda malah bisa dicap oportunis dan materialistis.

7. Area parkir

Satu lagi fasilitas yang jangan sampai ketinggalan adalah area parkir di komplek kosan. Apalagi jika bisnis kosan Anda terletak di pusat kota, rasanya hampir pasti fasilitas ini akan sangat diperlukan.

Pasalnya, penghuni kosan yang rata-rata adalah warga rantau, biasanya cenderung membawa kendaraan pribadi untuk beraktivitas, terutama motor. Jadi usahakan untuk mengalokasikan area khusus di dalam kosan untuk kebutuhan ini.

8. Fasilitas dan layanan tambahan

Selain tujuh fasilitas di atas, Anda bisa juga mempertimbangkan sejumlah fasilitas dan layanan tambahan apabila target pasar Anda adalah kelas menengah ke atas. Contohnya adalah air panas, TV kabel, kunci pintu dengan kartu atau password, dan perabotan kamar kos yang sudah tersedia.

Fasilitas-fasilitas seperti ini akan menjadi nilai tambah bagi calon penghuni yang memang mencari kosan dengan fasilitas premium. Di sisi lain, Anda pun bisa menerapkan harga sewa yang lebih tinggi ketimbang kosan dengan fasilitas standar.

Itulah tadi delapan fasilitas dan layanan yang bisa Anda tambahkan ke dalam kosan untuk menarik minat penyewa. Bisnis kosan memang merupakan bisnis yang sangat menarik, tapi tetap diperlukan strategi yang tepat untuk bisa mendatangkan cuan. Semoga tips di atas bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis kosan yang sukses ya.

(Baca: Cara Menyewakan Properti untuk Dapatkan Penghasilan Pasif)

Posted in Rumah on Dec 20, 2021.