Memahami Asuransi Kebakaran Rumah: Dari Definisi Hingga Manfaat - Mortgage Master Blog

Memahami Asuransi Kebakaran Rumah: Dari Definisi Hingga Manfaat


- by Bunga Kusuma
asuransi-kebakaran-rumah.jpg

Asuransi kebakaran rumah merupakan salah satu aspek biaya yang harus kita siapkan saat membeli rumah. Apalagi jika kita menggunakan KPR atau kredit rumah, asuransi ini wajib kita miliki karena merupakan salah satu syarat dari bank agar dana KPR kita bisa cair.

Jika dibandingkan dengan produk asuransi lain, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, produk asuransi kebakaran mungkin terasa lebih asing di telinga kita. Bahkan bisa jadi kita baru mengetahui soal produk proteksi ini saat akan membeli rumah dan mengurus KPR.

Tapi, kalah pamor bukan berarti kalah fungsi. Asuransi kebakaran rumah memiliki peran penting dalam melindungi keuangan kita sebagai pemilik hunian. Bahkan jika Anda membeli rumah tanpa KPR pun, asuransi ini tetap perlu untuk dimiliki.

(Baca: Biaya-Biaya KPR yang Perlu Disiapkan Saat Membeli Rumah)

Untuk memahami lebih lanjut soal produk keuangan yang satu ini, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut.

Definisi dan manfaat asuransi kebakaran

Sesuai namanya, asuransi kebakaran rumah merupakan produk perlindungan akan risiko kebakaran tempat tinggal. Asuransi ini menjamin ganti rugi atas segala kerusakan dan kerugian pada hunian serta harta benda di dalamnya yang ditimbulkan oleh bencana kebakaran.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat utama asuransi kebakaran rumah adalah melindungi keuangan kita dari potensi kerugian finansial akibat risiko kebakaran.

Faktanya, kebakaran rumah sering kali terjadi saat penghuni tidak berada di rumah. Kalau sudah begini, tak hanya tempat tinggal, kita juga bisa kehilangan semua harta benda. Coba bayangkan jika kita tidak memiliki asuransi kebakaran, maka kerugian finansial yang harus kita tanggung tentu sangat besar.

Itulah mengapa asuransi kebakaran sangatlah penting dimiliki oleh pemilik hunian. Sebab tidak ada yang tahu kapan musibah dan bencana datang. Jadi lebih baik menyiapkan diri sejak dini bukan?

Lebih lanjut, berikut ini sejumlah keuntungan memiliki asuransi kebakaran bagi pemilik rumah:

1. Menghindari kerugian finansial

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi kebakaran dapat melindungi Anda dari kerugian finansial atau bahkan kebangkrutan akibat kebakaran. Pihak asuransi akan mengganti biaya kerusakan rumah dan juga harta benda kita di dalamnya saat bencana ini terjadi.

2. Membantu kita mendapat tempat tinggal sementara

Ketika memiliki asuransi kebakaran, maka pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan kepada pemegang polis saat kebakaran terjadi. Uang pertanggungan ini dapat langsung Anda gunakan untuk mencari tempat tinggal sementara. Jadi paling tidak Anda dan keluarga bisa bernapas lega sejenak sambil memikirkan langkah berikutnya.

3. Memberikan ketenangan

Dengan memiliki asuransi kebakaran, maka kita akan lebih tenang dalam beraktivitas. Sebab kita tahu bahwa rumah kita sudah terlindungi dari risiko ini. Kita tidak bisa memprediksi kapan bencana dan musibah akan datang, sehingga yang bisa kita lakukan adalah melakukan antisipasi dan langkah perlindungan terbaik agar hati tenang.

Cakupan perlindungan asuransi kebakaran

Asuransi kebakaran tak hanya melindungi Anda dari risiko yang terjadi karena kebakaran murni saja lho. Asuransi ini juga menjamin perlindungan atas risiko kebakaran yang terjadi karena hal-hal berikut:

1. Petir

Jika sambaran petir menyebabkan terbakarnya peralatan dan instalasi listrik sehingga berimbas kepada hunian Anda, maka kerugiannya akan ditanggung oleh asuransi kebakaran.

2. Ledakan

Ledakan yang menyebabkan kebakaran rumah juga termasuk dalam risiko yang ditanggung. Namun biasanya ledakan nuklir dikecualikan dalam polis.

3. Kebakaran

asuransi-kebakaran-rumah-1.jpg

Risiko kebakaran yang dijamin oleh asuransi adalah kebakaran yang disebabkan baik oleh faktor internal maupun eksternal. Jadi mau kebakaran itu disebabkan oleh kelalaian Anda dan keluarga ataupun pihak luar, semuanya akan ditanggung oleh asuransi.

4. Jatuhnya pesawat terbang

Asuransi kebakaran juga akan mengganti rugi biaya kerusakan rumah dan harta benda Anda yang diakibatkan oleh peristiwa jatuhnya pesawat terbang.

5. Asap

Tak hanya kerugian akan kebakaran, pihak asuransi juga menjamin uang pertanggungan untuk kerugian atas asap yang ditimbulkan.

Tiap perusahaan asuransi tentunya menawarkan cakupan perlindungan yang berbeda, tapi secara umum perlindungan dasar yang diberikan mencakup lima hal di atas.

Anda bisa memilih produk asuransi kebakaran yang menurut Anda paling sesuai dengan bujet dan kebutuhan. Jika Anda merasa cakupan perlindungan dasarnya kurang, maka Anda bisa meminta perluasan perlindungan kepada pihak asuransi, yang biasanya mencakup:

  1. Kerusuhan
  2. Huru-hara
  3. Aksi terorisme atau sabotase
  4. Bencana alam
  5. Tindak kriminal atau kejahatan
  6. Meluapnya air laut, sungai, atau dana
  7. Dan sebagainya.

Kerugian yang ditanggung asuransi kebakaran

Lalu apa saja bentuk kerugian yang masuk ke dalam cakupan perlindungan asuransi kebakaran? Berikut ini di antaranya:

  1. Kerusakan harta benda
  2. Biaya pemadam kebakaran
  3. Biaya tempat tinggal sementara
  4. Ganti rugi atas kematian tertanggung
  5. Harta milik asisten rumah tangga

Jadi sudah jelas bukan mengapa asuransi kebakaran itu penting untuk dimiliki oleh pemilik rumah? Jadi salah jika berpikir bahwa hanya mereka yang membeli rumah dengan KPR saja yang wajib punya produk perlindungan ini. Sebab dengan atau tanpa KPR, selalu ada risiko kebakaran yang mengintai rumah kita. Akan lebih baik jika kita mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk bukan?

Posted in Rumah on Jul 08, 2021.