8 Ide Menghias Rumah untuk Merayakan 17 Agustus - Mortgage Master Blog

8 Ide Menghias Rumah untuk Merayakan 17 Agustus


- by Admin Person
menghias-rumah.jpg

Tanggal 17 Agustus identik dengan perayaan dan sukacita. Bagi masyarakat Indonesia, hari ini merupakan hari bersejarah yang menandakan kemerdekaan kita setelah lebih dari tiga abad berada di bawah kekuasaan kolonial. Jadi tak heran, mendekati hari besar ini, nuansa perayaan dan warna merah putih pun mendominasi jalanan dan rumah-rumah penduduk.

Salah satu tradisi yang kerap dilakukan tiap keluarga di Indonesia saat 17-an adalah memasang bendera merah putih di depan rumah. Tapi tak jarang, sejumlah keluarga melakukan upaya ekstra untuk menghias rumahnya demi mendapatkan nuansa hari kemerdekaan yang lebih kental.

Jika Anda termasuk salah satu yang berencana menghias rumah untuk merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia tahun ini, Mortgage Master punya beberapa ide yang patut dicoba. Berikut ini di antaranya.

1. Dominasi warna merah putih

Hari 17 Agustus identik dengan warna putih yang merupakan warna bendera kita. Oleh sebab itu, jika ingin menghidupkan semangat kemerdekaan di hari ini, Anda bisa memberikan sentuhan dominan dua warna ini di hunian Anda.

Warna merah dan putih dapat Anda implementasikan mulai dari pengibaran bendera di depan rumah, hiasan gantung di teras rumah, hiasan dinding, sampai wadah-wadah kue atau sarung bantal sofa di rumah. Agar terlihat dari luar, Anda bisa pasang dekorasi merah putih di pagar dan teras, seperti lampu gantung atau melilit pagar dengan pita merah-putih.

2. Hias pagar

Agar nuansa 17-an bisa terlihat dari luar, Anda bisa menghias pagar dengan hiasan merah putih. Tidak perlu ribet dan mahal, Anda bisa kreasikan sendiri hiasan ini dengan barang-barang sehari-hari. Misalnya, menggantung tali tambang putih dari ujung ke ujung pagar, dan menggantungkan gelas plastik warna merah di tali tersebut.

Ide lain, Anda bisa memanfaatkan plastik kresek dan menggunting-guntingnya hingga menyerupai pompom dan menggantungnya di pagar. Jika masih ingin yang lebih sederhana, Anda bisa beli pita kertas panjang merah putih dan melilitkannya di pagar.

menghias-rumah-1.jpg

3. Pasang bendera merah putih mini

Ide hiasan rumah yang satu ini juga cocok diletakkan di pagar atau area depan rumah. Anda bisa membeli bendera merah putih mini dan menempelkannya di sekitar rumah. Hanya cukup merekatkannya di pagar dan sudut-sudut rumah lain, rumah Anda sudah sangat bernuansa hari kemerdekaan.

4. Hiasan gantung

Hiasan gantung dengan nuansa 17-an banyak dijual menjelang Hari Kemerdekaan. Hiasan-hiasan ini bisa Anda gantung di pintu masuk rumah, serta dinding dan jendela rumah. Desainnya bisa bermacam-macam, tapi warnanya sudah pasti didominasi oleh merah dan putih untuk merepresentasikan bendera Indonesia.

Jika ada waktu luang, Anda juga bisa membuat sendiri hiasan-hiasan ini. Cukup modal tutorial dari YouTube, kertas, gunting, dan perekat, ide hiasan gantung 17 Agustusan ini bisa tersedia mulai dari lampion, snowflakes, sampai hiasan gantung dari dasi merah putih.

5. Dekorasi dinding

menghias-rumah-3.jpg Selain hiasan gantung, satu lagi yang bisa Anda manfaatkan untuk menghias rumah saat 17 Agustusan adalah dekorasi dinding. Anda bisa menempel poster-poster pejuang kemerdekaan, banner ucapan selamat Hari Kemerdekaan RI, atau sekadar kutipan pahlawan dan pejuang di era kemerdekaan.

6. Balon dan pita

menghias-rumah-2.jpg

Ide yang satu ini bisa dibilang yang paling sederhana dan mudah diaplikasikan untuk menghias rumah Anda. Cukup beli balon dan pita dengan warna merah dan putih, lalu pasang di sudut-sudut rumah yang menurut Anda paling cocok. Untuk pita, Anda bisa kreasikan menjadi kelambu atau dekorasi gantung yang menyambung dengan lampu sehingga terlihat lebih cantik.

7. Vas dan bunga kertas

Agar ruang tamu dan ruang keluarga juga kental akan nuansa 17 Agustus, Anda bisa meletakkan vas bunga yang diisi dengan bunga kertas merah putih. Untuk vasnya tak perlu membeli baru. Cukup manfaatkan toples atau wadah kaleng yang sudah tidak dipakai, lalu dicat merah putih atau ditutupi dengan kertas crepe merah putih.

8. Sprei merah putih

Tak hanya di ruang tamu dan ruang keluarga, ruang tidur pun bisa didekorasi untuk menghidupkan nuansa hari kemerdekaan. Yang paling sederhana adalah memasang sprei dengan dominasi warna merah dan putih. Tak perlu usaha lebih, semangat 17-an pun bisa terasa di kamar tidur.

Bagaimana, sudah dapat ide menghias rumah dengan nuansa 17 Agustus tahun ini? Semoga ide-ide di atas bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik hunian sekaligus menghidupkan semangat hari kemerdekaan Indonesia.

Posted in Rumah dan Properti on Aug 05, 2022.