7 Tips Ampuh Menjual Rumah Tanpa Perantara atau Broker - Mortgage Master Blog

7 Tips Ampuh Menjual Rumah Tanpa Perantara atau Broker


- by Admin Person
menjual-rumah-tanpa-perantara.jpg

Menjual rumah tanpa perantara atau broker kerap menjadi pilihan bagi pemilik rumah untuk menghemat biaya atau sekadar meraup cuan lebih besar. Meski demikian, pilihan ini juga membawa sejumlah tantangan yang jika tidak dihadapi dengan strategi yang tepat dapat berujung kepada rumah yang tidak kunjung laku.

Di zaman serba digital seperti sekarang, semua hal bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, termasuk untuk urusan jual beli rumah. Itu sebabnya semakin banyak orang yang lebih memilih menjual sendiri rumahnya ketimbang keluar biaya lebih untuk menggunakan jasa perantara atau broker properti.

Namun, di sisi lain, kemudahan ini juga membuat Anda sebagai penjual memiliki semakin banyak saingan di luar sana. Oleh karena itu, tetap diperlukan strategi yang tepat jika ingin sukses menjual rumah tanpa perantara. Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan.

Tips menjual rumah tanpa perantara

1. Manfaatkan situs jual beli properti online

Ini merupakan tips paling penting yang perlu Anda lakukan. Situs jual beli properti online atau marketplace properti kini kian menjamur di Indonesia. Bukan tanpa alasan, sebab kebutuhan atau demand akan platform seperti ini sangatlah besar.

Seiring dengan kemajuan teknologi, transaksi jual beli online pun kian diminati. Tak terkecuali untuk urusan rumah. Sekarang, semakin banyak orang yang memilih untuk mencari hunian online ketimbang harus datang langsung ke lokasi satu-persatu karena dinilai lebih efektif dan efisien.

Fenomena inilah yang harus Anda manfaatkan seoptimal mungkin ketika ingin menjual rumah. Daftarkan hunian Anda di situs jual beli properti sebanyak-banyaknya. Jangan terpaku hanya kepada satu situs saja, itu akan membatasi jangkauan target pasar Anda. Semakin banyak situs marketplace yang Anda gunakan, maka semakin besar pula peluang rumah Anda dilihat oleh calon pembeli potensial.

2. Tampilkan foto rumah semenarik mungkin

Salah satu aspek penting dalam berjualan online adalah menampilkan foto yang menarik. Karena calon pembeli tidak bisa melihat barang yang dijual secara langsung, maka penting bagi penjual untuk menampilkan produk dagangannya semenarik dan secantik mungkin.

Prinsip ini pula yang harus Anda pegang ketika menjual rumah tanpa perantara dan memilih menjualnya sendiri secara online. Foto sudut-sudut dan bagian rumah yang paling menarik untuk ditampilkan di halaman situs properti. Kalau perlu, sewa jasa fotografer profesional untuk mengambil foto hunian Anda, tapi tentu sesuaikan juga dengan bujet.

Unggah foto-foto terbaik hunian ke halaman iklan rumah Anda. Semakin banyak foto yang tersedia di halaman tersebut, maka biasanya semakin banyak pula calon pembeli yang tertarik untuk melihat rumah Anda secara langsung. Ini merupakan langkah awal yang sangat penting untuk menjaring pembeli yang serius.

3. Selalu responsif dan cepat tanggap

menjual-rumah-tanpa-perantara-1.jpg

Salah satu alasan kenapa orang mempertimbangkan jasa broker adalah mereka akan mengurus seluruh proses penjualan rumah dan kita hanya tinggal terima beres. Ini termasuk untuk urusan tanya-jawab dengan calon pembeli. Kita tak perlu pusing merespon pertanyaan mereka, karena agen properti yang akan melakukannya.

Ketika sudah mantap menjual rumah tanpa perantara, maka kita pun harus siap untuk merespon segala pertanyaan dari calon pembeli. Selalu tanggapi semua pertanyaan ini dengan cepat dan ramah, karena ini akan mempengaruhi impresi calon pembeli terhadap keseriusan Anda dalam menjual rumah. Siapa yang berminat membeli barang jika penjualnya judes dan lama merespon pesan kita?

(Baca: 6 Penyebab Rumah Susah Laku Ketika Dijual dan Solusinya)

4. Selalu terbuka untuk tawar-menawar

Tawar-menawar harga barang merupakan konsep yang sangat umum dalam transaksi jual beli, dan bahkan sudah mendarah daging di Indonesia. Begitu pun juga dalam praktik jual beli rumah, selalu ada kemungkinan harga hunian Anda akan ditawar oleh calon pembeli.

Meski demikian, ini bukan berarti calon pembeli tidak serius. Kita perlu ingat bahwa pembeli yang cerdas akan selalu mencari cara untuk mendapatkan harga terbaik. Itu sebabnya, selalu siapkan ruang untuk negosiasi harga rumah dengan calon pembeli Anda. Selama penawarannya masih masuk akal, tunjukkan bahwa Anda bersedia mempertimbangkannya. Jangan langsung menolak mentah-mentah, karena ini bisa jadi malah membuat pembeli kabur.

5. Sebarkan di jejaring sosial Anda

Tips lain yang bisa Anda terapkan ketika menjual rumah tanpa perantara adalah membagikan iklan rumah Anda ke jejaring sosial atau media sosial milik Anda. Selain gratis, cara ini dapat membantu Anda menjangkau target pasar yang lebih luas, yang mungkin sebelumnya tidak melihat iklan rumah Anda di situs jual beli properti.

Posting foto-foto dan spesifikasi rumah di akun media sosial Anda, dan minta tolong kepada teman serta kerabat untuk menyebarkannya di akun mereka. Anda juga bisa posting penjualan rumah Anda di forum-forum atau grup dalam sosial media yang relevan dengan topik properti atau jual beli properti.

6. Sisihkan bujet untuk iklan digital

Jika masih ada bujet, Anda juga bisa mengiklankan rumah Anda secara online melalui Google atau media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Agar iklan efektif, sesuaikan profil target iklan dengan target pasar yang Anda inginkan. Anda juga bisa sesuaikan bujet iklan dengan anggaran yang Anda tentukan untuk memastikan bahwa biaya iklan tidak over budget.

7. Tetap jualan secara offline

Meskipun sudah gencar berjualan secara online, jangan lupakan juga jalur offline. Metode ini masih cukup efektif menjaring calon pembeli, terutama mereka yang tidak terlalu melek teknologi.

Sebarkan brosur atau poster jualan di sekitar area rumah Anda. Tapi jangan sampai menempelkannya di tempat umum tanpa izin ya. Bagikan saja brosur secara langsung kepada orang-orang yang Anda lewati di sepanjang jalan sekitar area hunian.

Anda juga bisa memasang banner “Rumah Dijual” di pagar rumah Anda beserta nomor kontak yang bisa dihubungi. Dengan begitu orang yang lewat di depan rumah bisa langsung tahu bahwa rumah Anda hendak dijual.

Bagaimana? Kini sudah tahu apa saja yang harus dilakukan saat ingin menjual rumah tanpa perantara atau broker properti bukan? Dengan 7 tips ini, dijamin rumah Anda akan cepat laku meskipun tanpa bantuan agen properti dan makelar rumah.

(Baca: Untung Rugi Menjual Rumah Lewat Agen Properti)

Posted in Rumah dan Properti on Mar 22, 2022.