6 Trik Menjual Apartemen Agar Cepat Laku dan Cuan Optimal - Mortgage Master Blog

6 Trik Menjual Apartemen Agar Cepat Laku dan Cuan Optimal


- by Admin Person
tips-menjual-apartemen.jpg

Apartemen merupakan salah satu produk properti yang populer di Indonesia, terutama bagi generasi produktif yang bekerja di pusat kota. Tapi meski permintaannya tinggi, bukan berarti menjual apartemen sudah pasti mudah dan cepat laku. Ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda ketahui agar apartemen cepat terjual dan untungnya pun maksimal.

Permintaan pasar akan produk apartemen memang besar, tapi yang menjual unit apartemen pun tidak kalah banyak. Artinya, jika Anda berniat menjual apartemen, Anda akan bersaing dengan ratusan penjual apartemen lain di luar sana. Lalu bagaimana caranya memastikan apartemen Anda dilirik calon pembeli potensial? Simak tipsnya berikut ini.

Cara menjual apartemen

Sebelum masuk ke tips menjual apartemen, ketahui dulu cara atau metode penjualan yang tersedia saat ini. Ada dua opsi yang bisa Anda pilih, yakni menjual online dan offline.

1. Cara menjual apartemen online

Menjual apartemen online sangatlah mudah, murah, dan cepat. Anda hanya perlu mengiklankan apartemen Anda di situs-situs jual beli properti. Situs-situs seperti ini sudah sangat banyak tersedia di Indonesia, jadi Anda hanya perlu memilih situs paling cocok dan melengkapi data apartemen agar bisa dilihat oleh calon pembeli.

Salah satu kunci penting ketika menjual apartemen online adalah jangan hanya memilih satu situs jual beli saja. Iklankan unit Anda di beberapa situs atau marketplace agar peluang Anda semakin besar untuk menjaring pembeli. Tapi Anda pun harus siap menanggapi respon yang masuk. Jangan biarkan calon pembeli menunggu lama tanggapan Anda ketika mereka menanyakan informasi soal hunian Anda.

2. Cara menjual apartemen offline

Cara menjual apartemen yang satu ini merupakan cara konvensional. Pertama, Anda bisa menjual unit Anda dengan menyewa jasa broker atau agen properti. Cara ini cocok untuk Anda yang sibuk dengan aktivitas kantor dan sulit menemukan waktu untuk mengurus penjualan rumah. Agen bisa menangani semua urusan administrasi penjualan, dan Anda hanya terima beres saja. Konsekuensinya, Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar jasa broker tersebut ketika apartemen laku terjual.

Cara offline kedua adalah dengan menjualnya sendiri. Anda bisa mencetak brosur dan menempelkannya di sarana publik yang tidak mengganggu. Anda juga bisa memasang spanduk atau baliho untuk promosi dan mencantumkan kontak pribadi bagi calon pembeli yang berminat.

(Baca: 7 Tips Jitu Menyewakan Apartemen Agar Cepat Laku)

6 Tips dan trik menjual apartemen

1. Percantik interior

tips-menjual-apartemen-1.jpg

Sebelum menjual apartemen, ada baiknya Anda percantik unit untuk meningkatkan harga jual. Anda bisa cat ulang dinding apartemen atau mengganti wallpaper yang sudah usang. Anda juga bisa memelitur ulang kusen pintu dan jendela kayu serta furnitur lain dari kayu. Dengan begitu interior apartemen akan terlihat lebih cantik dan apik ketika dikunjungi calon pembeli.

Pembeli apartemen biasanya mencari unit yang sudah dilengkapi dengan perabotan, sehingga mengganti perabotan yang sudah usang juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Jika Anda memiliki bujet lebih, tidak ada salahnya membeli sejumlah furnitur baru untuk meningkatkan harga jual apartemen.

2. Lakukan redesain

Interior dan desain hunian umumnya mencerminkan karakter dari penghuninya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mendesain ulang unit Anda ketika akan menjualnya untuk menghilangkan ciri khas Anda dan tidak membuat pembeli kabur.

Sangat direkomendasikan untuk mendesain hunian dengan konsep minimalis yang lebih netral dan simpel. Dengan begitu, calon penghuni baru dapat dengan mudah menata ulang unit tersebut sesuai selera mereka.

3. Lakukan sesi photoshoot hunian

Salah satu kunci menjual apartemen agar cepat laku adalah menampilkan foto-foto hunian yang menarik ketika mengiklankannya secara online. Untuk itu, sangat dianjurkan melakukan sesi photoshoot atau pengambilan foto hunian dengan baik.

Anda dapat menyewa jasa fotografer profesional untuk sesi ini. Pastikan Anda membersihkan dan menata apartemen terlebih dahulu, agar fotografer dapat mengambil foto dengan angle-angle terbaik. Anda bisa mengarahkan pengambilan foto untuk sudut-sudut rumah yang menurut Anda paling menarik, sehingga calon pembeli pun akan melihat keunggulan dari unit apartemen Anda.

4. Komunikasikan keunggulan apartemen dengan baik

Ketika mengiklankan apartemen Anda, pastikan Anda menyebutkan semua keunggulan apartemen dengan baik di iklan tersebut. Tidak hanya soal unit Anda, tetapi juga keunggulan gedung apartemen itu sendiri, seperti fasilitas yang lengkap, utilitas gedung yang terawat, keamanan, sampai area parkirnya.

Jelaskan kembali soal keunggulan-keunggulan ini ketika calon pembeli melakukan survei langsung ke unit Anda. Tunjukkan langsung fasilitas dan prasarana yang tersedia di komplek apartemen Anda untuk menyakinkan mereka. Kalau perlu, ajak mereka mengobrol dengan tetangga dan juga staf gedung agar mereka bisa bertanya langsung soal lingkungan di area apartemen.

5. Iklankan unit apartemen secara online dan offline

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Anda bisa memanfaatkan jalur online dan offline sekaligus untuk memasarkan unit Anda. Iklankan apartemen di sejumlah situs marketplace properti dan juga tempelkan brosur di area sekitar apartemen. Semakin banyak orang yang melihat iklan apartemen Anda, maka semakin besar pula peluang apartemen Anda bisa terjual dengan lebih cepat.

6. Promosikan ke orang sekitar Anda

Jangan lupa untuk promosikan juga apartemen Anda kepada teman, kerabat, dan kenalan. Anda bisa sebarkan informasi soal ini lewat grup WhatsApp atau mengunggahnya di sosial media, seperti Facebook atau Instagram. Jika Anda mencetak brosur, bagikan juga informasi ini kepada rekan-rekan Anda di kantor atau siapapun yang Anda temui saat Anda berada di tempat umum, seperti restoran dan alat transportasi publik.

Jika gedung apartemen Anda memiliki buletin atau media komunikasi internal seperti buletin atau majalah internal, Anda juga bisa memasang iklan Anda di sana. Dengan begitu, penghuni apartemen lain bisa turut membagikan informasi ini kepada kenalan mereka.

(Baca: 5 Alasan Kenapa Bisnis Sewa Apartemen Layak Dicoba)

Bagaimana, sudah tahu rahasianya menjual apartemen dengan cepat dan untung maksimal? Semoga tips dan trik di atas bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan dalam penjualan unit Anda.

Posted in Rumah dan Properti on Jul 15, 2022.