5 Cara Aman Mencari Rumah Saat Pandemi - Mortgage Master Blog

5 Cara Aman Mencari Rumah Saat Pandemi


- by Bunga Kusuma
mencari-rumah-saat-pandemi.jpg

Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal 2020 mau tidak mau memaksa kita beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Tak hanya cara bekerja sampai rutinitas kita yang berubah, cara mencari rumah saat pandemi pun berbeda jika dibandingkan dengan kondisi normal.

Dengan adanya kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM yang ditetapkan pemerintah, otomatis kegiatan masyarakat pun harus menyesuaikan dengan aturan tersebut. Tujuannya, agar penyebaran virus Corona dapat dikendalikan dan mencegah munculnya kasus baru.

Konsekuensi dari aturan ini terutama adalah kegiatan di luar rumah tak bisa dilakukan layaknya kondisi normal. Semua orang dipaksa untuk sebisa mungkin menghabiskan waktu di rumah dan mengurangi aktivitasnya di luar ruangan. Tentu ini bisa menjadi kendala bagi sebagian orang, misalnya yang sedang mencari hunian alias rumah baru.

Tapi jangan khawatir. Meski sulit, mencari rumah saat pandemi bukannya mustahil. Ada beberapa trik dan cara yang bisa Anda lakukan agar tetap berburu rumah baru di tengah wabah Corona yang masih mengancam.

1. Maksimalkan pencarian online

Dengan perkembangan teknologi, hampir tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan secara online. Termasuk untuk mencari rumah. Hanya dengan bermodalkan perangkat elektronik dan jaringan Internet, kini kita bisa mencari hunian yang lokasinya bahkan beratus-ratus kilometer dari tempat kita berada.

Untuk mengoptimalkan pencarian Anda, kunjungi sebanyak mungkin marketplace properti yang tersedia di dunia maya. Gunakan fitur “filter” atau penyaring untuk mengerucutkan pencarian Anda berdasarkan lokasi, harga, atau spesifikasi rumah. Jangan lupa perhatikan juga foto hunian untuk mengetahui kondisi bangunan apabila Anda berniat mencari rumah bekas atau second. Jangan sampai luput memperhatikan hal ini dan merasa kecewa ketika survei langsung nanti.

(Baca: 10 Tips Membeli Rumah Bekas untuk Mendapatkan yang Terbaik)

2. Manfaatkan fitur virtual 3D

Sejumlah marketplace properti kini sudah dilengkapi dengan fitur virtual 3D tour yang menawarkan pengalaman tur bagian dalam rumah secara 3D. Dengan begitu, detail dan spesifikasi rumah pun dapat kita lihat secara jelas, layaknya kita berkunjung langsung ke lokasi rumah. Cocok diterapkan untuk mencari rumah saat pandemi.

Meski demikian fasilitas ini masih sangat terbatas, karena tak semua pengembang rumah juga menyediakan multimedia tersebut. Kalaupun ada, biasanya rumah tersebut merupakan rumah baru yang dibangun oleh pengembang besar.

3. Cek Google Maps untuk melihat akses

Selain mengecek kondisi bangunan, memeriksa akses dan sarana serta prasarana di sekitar hunian juga merupakan hal yang tak kalah penting. Untuk keperluan ini, manfaatkan Google Maps dari perangkat elektronik Anda. Cukup ketik lokasi rumah yang Anda incar, dan nanti akan muncul di dalam peta Google beserta area di sekitarnya.

Beberapa hal yang perlu Anda cek dalam peta tersebut, di antaranya:

  • Akses ke transportasi umum
  • Akses ke lokasi kantor Anda
  • Rumah sakit di sekitar area
  • Sekolah
  • Supermarket
  • ATM dan bank
  • Restoran dan warung makan
  • SPBU
  • Kantor urusan publik, seperti kantor pajak, kantor imigrasi, kelurahan, kantor polisi, dan sebagainya

4. Hubungi penjual atau agen rumah

mencari-rumah-saat-pandemi-1.jpg

Setelah mengerucutkan pilihan ke beberapa rumah yang dianggap paling cocok, hubungi penjual atau agen yang menjual rumah tersebut. Di tahap ini, Anda bisa menanyakan hal-hal seputar rumah sedetail mungkin. Mulai dari kondisi bangunan, kapan terakhir direnovasi, kelengkapan surat-surat, luas dan spesifikasi bangunan, dan seterusnya.

Tanyakan juga soal kemungkinan negosiasi harga dan fasilitas pembiayaan yang disediakan. Jangan sampai sudah survei langsung, ternyata penjual hanya menerima pembelian dengan cash keras alias uang tunai. Apabila bisa membeli dengan fasilitas KPR, tanyakan juga apakah ada bank yang sudah bekerja sama. Biasanya KPR yang sudah bekerja sama dengan penjual akan menawarkan sejumlah keringanan bagi calon pembeli rumah.

5. Penuhi protokol kesehatan saat survei

Jika semua hal di atas sudah Anda lalui, dan Anda menemukan beberapa kandidat rumah yang menarik, maka kini saatnya melakukan survey langsung. Tapi ingat, dengan masih berlangsungnya pandemi Corona, penuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan agar interaksi Anda tetap aman.

Sebelum survei, Anda bisa meminta kepada pihak penjual untuk memakai masker saat Anda berkunjung, menunjukkan sertifikat vaksin, tidak membawa banyak orang ke lokasi (maksimal dua orang), dan tetap menjaga jarak selama survei.

Hal yang sama juga perlu Anda lakukan ketika hari H. Jangan lupa juga untuk membawa hand sanitizer dan mencuci tangan. Pokoknya, sebisa mungkin hindari kontak fisik dengan penjual dan pihak lain yang berada di lokasi agar tetap aman ketika mencari rumah saat pandemi. Apa sekarang waktu yang tepat untuk membeli rumah? Di tengah pandemi Covid-19, pertanyaan ini semakin sering kita dengar atau bahkan kita sendiri yang melontarkannya. Jawaban dari pertanyaan ini akan beragam, tergantung dari kebutuhan masing-masing.

(Baca: Kapan Saat yang Tepat untuk Membeli Rumah?)

Meski demikian, jika dihubungkan dengan kondisi pandemi saat ini, bisa dibilang sekarang merupakan waktu yang menarik untuk membeli rumah. Kendati harga properti masih mencatatkan pertumbuhan selama kuartal II/ 2021, suku bunga KPR yang ditawarkan saat ini relatif lebih rendah jika dibandingkan kondisi normal.

Sebut saja BTN dan BCA yang menawarkan suku bunga rendah untuk KPR, yakni mulai dari 4,5% saja. Selain itu, banyak pula promo KPR yang ditawarkan oleh bank saat ini demi menaikkan penyaluran kredit rumah di tengah masa pandemi.

Di luar promo dan bunga menarik dari bank, masih ada pula insentif dari pemerintah untuk membantu masyarakat membeli rumah di tengah wabah Covid. Mulai dari subsidi KPR, subsidi uang muka, sampai keringanan pengajuan KPR baru dalam rangka menghadapi bencana Covid.

Jika masih belum yakin dalam memilih produk KPR yang tepat, Anda juga bisa menghubungi konsultan KPR Mortgage Master. Konsultan online ini akan memberikan rekomendasi produk KPR yang paling cocok dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jadi Anda tak perlu pusing lagi memilih pinjaman KPR satu-persatu dan khawatir memilih produk yang salah. Tim ahli kami yang akan melakukannya untuk Anda.

Untuk berkonsultasi, Anda hanya perlu mengisi formulir online di situs Mortgage Master. Selanjutnya, tinggal tunggu tim kami menghubungi Anda dalam waktu 1x24 jam di hari kerja. Semua layanan konsultasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis.

Mencari rumah saat pandemi memang cukup menantang. Namun jika dilakukan dengan tips dan trik yang tepat, Anda tetap bisa mendapatkan rumah impian tanpa harus mengorbankan keamanan dan kesehatan Anda. Yang penting selalu hati-hati dan waspada, patuhi protokol kesehatan dengan benar setiap kali keluar rumah.

Posted in Rumah on Oct 14, 2021.