3 Situs dan Aplikasi untuk Mencari Rumah Subsidi - Mortgage Master Blog

3 Situs dan Aplikasi untuk Mencari Rumah Subsidi


- by Bunga Kusuma
mencari-rumah-subsidi.jpg

Mencari rumah subsidi kerap menjadi langkah pamungkas bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Seperti kita ketahui, harga rumah terus melambung dari tahun ke tahun, sehingga wajar jika kebanyakan orang pun kesulitan untuk membelinya. Jangankan dengan uang tunai, dengan bantuan kredit rumah saja masih banyak masyarakat yang tidak sanggup memenuhi kebutuhan primer yang satu ini.

Beruntung, rumah subsidi hadir untuk menjawab keresahan tersebut. Program pemerintah ini bertujuan untuk membantu masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah untuk memiliki hunian layak dengan harga terjangkau.

Didukung dengan program bantuan pembiayaan rumah, mulai dari KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), subsidi bunga, dan subsidi uang muka, rumah subsidi diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan rumah murah. Dan dalam prosesnya, sekaligus juga menurunkan angka backlog atau non-kepemilikan rumah.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), angka backlog rumah di Indonesia masih tercatat sebesar 11,4 juta pada 2015. Angka ini mencerminkan sekitar 17,5% total rumah tangga di Indonesia. Dengan adanya program rumah subsidi dan KPR subsidi, angka ini diharapkan bisa turun menjadi 5 juta pada 2024.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti program rumah subsidi ini, tak perlu bingung. Pemerintah sudah menyiapkan sejumlah aplikasi dan juga situs online untuk membantu Anda mencari rumah subsidi yang tepat.

(Baca: KPR Subsidi Adalah: Definisi, Syarat, dan Cara Mengajukannya)

1. Situs resmi rumah subsidi Kementerian PUPR

Penasaran ingin tahu daftar rumah subsidi yang tersedia di kawasan sekitar Anda? Atau mencari rumah subsidi di daerah tertentu yang Anda inginkan? Langsung saja kunjungi situs resmi Rumah Subsidi Indonesia milik Kementerian PUPR.

Di situs ini, Anda bisa melihat rumah-rumah subsidi yang tersedia di semua daerah di Indonesia. Jika Anda mencari daftar rumah subsidi di area tertentu, tinggal pilih lokasi yang diinginkan di kolom pencarian. Anda juga bisa menyaring hasil pencarian berdasarkan kriteria tertentu, seperti luas tanah, tipe rumah, jumlah kamar mandi, dan jumlah kamar tidur.

Tiap display rumah yang tersedia dalam situs ini dilengkapi dengan informasi yang cukup lengkap. Ada informasi soal spesifikasi bangunan (material atap, dinding, lantai, dan sebagainya), kapasitas listrik, sumber air, sampai fasilitas umum yang tersedia di sekitar lokasi rumah.

Jika menemukan rumah yang diinginkan, Anda dapat langsung menghubungi contact person yang nomor teleponnya tersedia di bagian bawah halaman rumah.

2. Situs SiKumbang

Selain situs Rumah Subsidi Indonesia, informasi soal rumah subsidi juga bisa Anda dapatkan di situs SiKumbang. Website resmi yang dikelola oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR ini tidak hanya memuat daftar rumah subsidi yang disediakan oleh pengembang, tetapi juga rumah komersil dan rumah susun.

Data ketersediaan rumah subsidi dan komersil di situs ini merupakan data real-time yang diinput langsung oleh pengembang untuk kemudian dimuat dalam aplikasi SiKasep. Mirip dengan situs Rumah Subsidi Indonesia, pengunjung dapat melihat daftar rumah yang tersedia berdasarkan kota, provinsi, dan kriteria tertentu.

Informasi soal rumah juga tersedia lengkap, mulai dari luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar tidur, sampai kontak kantor pemasaran pengembang yang bersangkutan.

Hebatnya lagi, situs ini juga memuat data rumah terdaftar, rumah tersedia, dan rumah terjual secara real-time. Jadi pencari rumah bisa langsung mendapatkan info begitu ada pengembang yang mendaftarkan rumah tapak atau rumah susun baru di situs ini.

3. Aplikasi SiKasep

mencari-rumah-subsidi-1.jpg

Yang terakhir ini bukanlah situs, melainkan aplikasi. Namanya SiKasep. Di dalamnya, Anda tak hanya bisa mendapatkan informasi soal rumah subsidi yang tersedia, tetapi juga soal pembiayaan rumah subsidi, termasuk bank yang menyediakan KPR FLPP. Anda pun bisa mengecek status pengajuan KPR subsidi Anda melalui aplikasi ini.

Aplikasi SiKasep bisa Anda dapatkan dengan mengunduhnya dari Google Play Store. Setelah aplikasi tersimpan, lakukan langkah-langkah berikut untuk menggunakannya:

1. Daftarkan diri Anda

Saat memasuki aplikasi, klik tombol “Daftar” sebagai pengguna baru.

2. Isi data diri

  • Masukkan nama lengkap Anda sesuai dengan yang tertera dalam KTP
  • Masukkan kata sandi Anda, usahakan kata sandi yang mudah untuk diingat
  • Kembali masukkan kata sandi yang sama
  • Masukkan nomor KTP Anda
  • Masukkan nomor NPWP Anda (apabila belum tersedia dapat dikosongkan terlebih dahulu)
  • Masukkan penghasilan per bulan Anda berupa angka, tanpa menambahkan titik (.) atau koma (,)
  • Masukkan nomor ponsel Anda
  • Selanjutnya Anda dapat membubuhkan tanda centang pada kotak syarat dan ketentuan serta membacanya. Dengan membubuhkan tanda ini, artinya Anda telah setuju dengan syarat dan ketentuan aplikasi SiKasep.
  • Klik tombol “Lanjut”

3. Lakukan swafoto dengan memegang KTP

Aplikasi SiKasep kemudian akan meminta Anda melakukan swafoto (selfie) sambil memegang KTP. Caranya, Anda tinggal posisikan wajah Anda pada frame bulat yang tersedia di layar dan posisikan KTP di frame kotak. Jika posisinya sudah tepat, ambil foto. Apabila sudah terlihat hasil foto Anda dengan KTP, maka selanjutnya klik tombol “Lanjut”.

4. Foto KTP

Setelah swafoto, Anda akan diminta untuk mengambil foto KTP. Posisikan KTP di frame kotak pada layar dan klik foto. Setelah terlihat hasil foto KTP Anda, klik tombol “Simpan”. Selanjutnya akan muncul pesan “Selamat Anda sudah berhasil registrasi. Silahkan melakukan login.”

5. Login

Setelah proses pendaftaran berhasil, aplikasi SiKasep akan membawa Anda kembali ke halaman Masuk. Selanjutnya, ikuti langkah berikut:

  • Masukkan nomor KTP yang telah Anda daftarkan
  • Masukkan kata Sandi yang telah Anda daftarkan
  • Klik tombol “Masuk”

6. Pilih menu sesuai kebutuhan Anda

Kini Anda sudah berhasil masuk ke aplikasi SiKasep. Di halaman utama, ada beberapa menu yang tersedia, yakni:

  • Lokasi Rumah Idaman Anda
  • Perumahan Sekitar Rumah Idaman
  • Pilih Bank KPR FLPP
  • Cek Status Pengajuan KPR
  • Lain-lain
  • Keluar

Pilih menu yang Anda inginkan untuk memulai pencarian rumah subsidi.

Bagaimana? Sudah tidak bingung lagi bukan untuk mencari rumah subsidi? Dengan tiga situs dan aplikasi ini, pencarian rumah subsidi Anda pasti akan menjadi lebih mudah dan cepat. Selamat berburu ya!

(Baca: Cara Menabung DP Rumah untuk Gaji UMR)

Posted in Rumah on Oct 25, 2021.