Milenial Miliki Hunian Impian? Begini Caranya

Rumah dan Properti
05 Juli 2022
Bagikan:
Milenial Miliki Hunian Impian? Begini Caranya

Bukanlah hal yang mustahil bagi para milenial dalam memiliki hunian impian untuk saat ini maupun kedepannya nanti. Namun gaya hidup yang tidak sesuai dengan daya beli membuat para milenial sukar untuk memulai. Apalagi meningkatnya harga rumah atau apartemen setiap tahunnya membuat generasi milenial mudah pesimistis dalam meraih impiannya untuk memiliki hunian atau properti sendiri. Sebagian besar kenyataan tersebut memang benar adanya, namun bukan berarti hal tersebut dapat mematahkan semangat bagi para milenial yang ingin memiliki hunian sendiri bahkan hunian impian mereka. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

1. Mengatur Keuangan Dengan Merubah Gaya Hidup

Pesatnya keinginan dan tingginya permintaan yang tidak murah membuat para milenial sukar dalam mengatur keuangan. Mulai dari gaya berpakaian, hobi kulineran, konsumsi kopi kekinian yang sudah dianggap konsumsi harian, serta hobi travelling. Semuanya menuntut milenial untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Gaya hidup tersebut dapat menjadi sumber masalah saat ini atau bahkan di masa depan nanti. Lalu bagaimana cara untuk memperbaikinya? Mulailah mengevaluasi dan membuat prioritas dalam mengatur keuangan anda serta merubah pola hidup dengan meminimalisir hal atau hobi yang sekiranya tidak terlalu penting

2. Menabung dalam Bentuk Deposito atau Emas

Menabung di rekening deposito atau menabung dalam bentuk tabungan emas dapat menjadi pilihan agar dana tabungan anda lebih secure. Dengan metode menabung tersebut, anda dapat lebih disiplin saat menabung karena uang tidak dengan mudah untuk ditarik setiap waktu. Banyak perbankan yang menawarkan deposito berjangka dengan waktu yang fleksibel sesuai dengan target waktu yang anda inginkan.

3. Menabung AutoDebit untuk Memulai DP Properti

Jangan tunggu hingga akhir bulan dalam menabung. Anda dapat menggunakan fitur autodebit di perbankan pilihan anda agar penghasilan yang anda punya dapat secara otomatis ditabung untuk memulai mengumpulkan dana DP rumah atau apartemen yang anda inginkan. Ingat, semakin anda tunda, semakin sukar anda mendapatkan hunian impian versi anda

4. Mencari DP Rumah yang Dapat Dicicil

Jika anda sudah melakukan hal diatas namun masih terasa kurang atau berat, solusi lain adalah anda dapat mencari rumah atau apartemen yang memungkinkan biaya DP bisa dicicil. Pesatnya perkembangan para pengembang membuat mereka berbondong-bondong memberikan promo cicilan DP dalam jangka waktu tersebut. Penawaran tersebut dapat anda manfaatkan dan maksimalkan jika anda berkomitmen untuk memiliki hunian sendiri.

5. Membeli Rumah atau Apartemen Dengan Metode KPR

Kpr merupakan fasilitas kredit yang ditawarkan oleh Lembaga perbankan kepada para nasabah perorangan yang ingin membeli properti. Proses KPR sebenarnya tidak sulit, namun ada beragam syarat dan ketentuan yang memang harus dipenuhi. Dengan KPR, tentu anda tidak harus membayar properti yang anda inginkan sepenuhnya melainkan anda dapat menyiapkan dana untuk DP

Kenapa Harus KPR?

KPR memiliki banyak keuntungan bagi para calon pembeli rumah atau properti lainnya. Sebab seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa nasabah tidak perlu membayar penuh secara langsung terhadap properti yang ingin dimilikinya. KPR juga memiliki waktu yang cukup panjang sehingga angsurannya dapat diiringi dengan ekspektasi peningkatan penghasilan. Selain mengumpulkan DP dan memilih properti yang anda inginkan, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan guna memenuhi persyaratan dalam mengajukan KPR, yaitu:

  • Fotokopi kartu identitas bisa berupa KTP, Paspor, KITAS, atau KITAP
  • Slip gaji bulan terakhir/surat keterangan gaji
  • Fotokopi rekening koran
  • Fotokopi surat izin praktek untuk profesional
  • Fotokopi akte perusahaan atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Fotokopi tagihan bulanan kartu kredit 1 bulan terakhir
  • Fotokopi kartu kredit

Setelah memerhatikan syarat dan ketentuan serta kelengkapan dokumen dalam mengajukan KPR sudah anda pahami, baiknya anda juga mengetahui hal-hal penting seputar KPR. Pastikan sertifikat properti tidak bermasalah, pastikan pula ada surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sesuai dengan kondisi yang ada. Jika anda pikir hal tersebut cukup membuat anda rumit, Mortgage Master dapat membantu anda mengajukan KPR terbaik untuk mendapatkan hunian impian anda hingga akad.

Bagikan:
Artikel Terkait