7 Tips Membeli Rumah dengan DP Nol Persen

KPR
Rumah dan Properti
10 Mei 2023
Bagikan:
7 Tips Membeli Rumah dengan DP Nol Persen

Rumah dengan DP atau uang muka nol persen bukanlah hal baru dalam pasar properti. Insentif yang satu ini kerap dijadikan daya tarik utama oleh pengembang untuk menarik minat calon pembeli. Maklum, nilai DP rumah tidak bisa dibilang kecil. Jadi promo semacam ini sangatlah ampuh untuk meningkatkan animo pembelian rumah.

Meski demikian rumah dengan DP nol persen bukanlah tanpa risiko. Walaupun sekilas terlihat menguntungkan bagi kita sebagai pembeli, kita tetap harus hati-hati ketika membeli rumah dengan memanfaatkan promo ini. Jangan hanya karena tidak ada DP lalu kita jadi sembrono dalam memilih, karena efek negatifnya bisa kita rasakan hingga bertahun-tahun ke depan.

Lalu bagaimana caranya membeli rumah dengan DP nol persen tapi tetap aman? Berikut ini sejumlah tipsnya dari Mortgage Master.

1. Pilih program DP nol persen yang tepat

Program rumah dengan DP nol persen memiliki skema yang bervariasi, tergantung kebijakan pengembang properti dan bank yang mengeluarkannya. Jadi pastikan bahwa Anda memilih program yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan, di antaranya suku bunga dan besar cicilan KPR atau kredit pemilikan rumah. Apakah dengan tidak adanya DP suku bunga dan cicilan KPR jadi membengkak signifikan? Jika ya, apakah Anda sanggup membayarnya setiap bulan dalam puluhan tahun ke depan. Hal-hal seperti ini perlu Anda perhitungkan agar keuangan lancar selama cicilan KPR berjalan.

2. Pertimbangkan biaya tambahan

Biaya dalam KPR tidak hanya terbatas pada uang DP rumah. Jangan lupa bahwa ada juga biaya-biaya lain, seperti biaya provisi, administrasi, biaya notaris, sampai biaya asuransi. Biaya-biaya ini perlu juga Anda pertimbangkan dan persiapkan saat akan membeli rumah meskipun tidak ada uang DP.

Jadi jangan sampai terlena dengan DP nol persen sampai-sampai lupa memperhitungkan biaya-biaya tambahan ini. Periksa juga apakah biaya-biaya tersebut lebih tinggi ketimbang kondisi normal hanya karena tidak diberlakukan uang muka. Siapa tahu, pengembang atau bank menaikkan besaran biaya-biaya tersebut sebagai kompensasi DP nol persen.

3. Tinjau persyaratan kredit

Meskipun Anda tidak membayar DP, Anda masih harus memenuhi persyaratan kredit, seperti pendapatan dan skor kredit yang baik. Pastikan untuk meninjau kembali persyaratan kredit ini sebelum mengajukan pinjaman agar tidak kecewa. Percuma ada program rumah DP nol persen jika kita tidak memenuhi kualifikasi.

4. Periksa besar bunga dan cicilan

syarat rumah dp 0.jpg

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penting untuk memeriksa besar suku bunga dan cicilan KPR ketika Anda berniat mengikuti program rumah DP nol persen. Jangan sampai Anda terjerat bunga dan cicilan yang kelewat besar hanya karena iming-iming promo ini di awal, dan malah terbebani secara finansial dalam jangka panjang.

Jadi penting untuk menanyakan besaran kedua faktor biaya ini kepada pengembang dan juga bank sebelum memutuskan membeli. Tanyakan juga sistem bunganya, jika ada bunga tetap, akan berlaku berapa lama, lalu ketika masuk masa bunga floating (mengambang), berapa besar bunga yang ditetapkan.

5. Tetap cermati spesifikasi rumah

Walaupun ada tawaran DP nol persen, jangan sampai Anda lengah dan tidak memeriksa kondisi rumah dengan cermat. Mulai dari dokumen-dokumen penting rumah, kondisi bangunan, sampai kondisi lingkungan, wajib hukumnya untuk Anda periksa sebelum membeli rumah baru. Pastikan properti yang akan Anda beli tidak memiliki masalah yang signifikan seperti masalah hukum atau struktural.

6. Jangan malu bertanya

Salah satu faktor penting agar tidak menyesal ketika mengambil program DP rumah nol persen adalah bertanya sedetail-detailnya kepada pihak pengembang atau bank mengenai ketentuan program tersebut. Jangan sampai ada klausul atau kebijakan yang luput dari perhatian Anda, yang nantinya bisa merugikan Anda di masa depan.

Jika memungkinkan, ajak kerabat atau teman yang sudah lebih berpengalaman membeli rumah untuk menemani Anda. Dengan begitu, mereka dapat memberikan saran atau mengajukan pertanyaan yang mungkin saja tidak terpikirkan oleh Anda.

7. Pertimbangkan rencana jangka panjang

Sebelum membeli rumah dengan DP nol persen, pertimbangkan rencana jangka panjang Anda. Biasanya, rumah DP nol persen memberlakukan suku bunga KPR yang lebih besar dibandingkan rumah standar, sehingga cicilannya pun lebih besar. Jadi penting bagi Anda untuk memperhitungkan hal ini dan menyesuaikannya dengan rencana jangka panjang Anda.

Apakah dengan besar cicilan yang ditawarkan Anda masih bisa memenuhi kebutuhan lain di masa depan, atau apakah jika ada pengeluaran darurat, kondisi finansial Anda masih aman dengan adanya cicilan tersebut. Hal-hal ini yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah dengan DP nol persen.

Itulah tadi 7 tips yang bisa Anda praktekkan ketika akan membeli rumah dengan DP nol persen. Kuncinya adalah jangan terlalu terburu-buru dan terbawa suasana ketika membeli rumah dengan program seperti ini. Sebab, sering kali banyak “kejutan” tersembunyi yang malah merugikan kondisi finansial Anda kedepannya.

Jadi tetaplah cermat dan jadi pembeli cerdas agar pembelian rumah Anda memberikan untung yang maksimal. Semoga sukses!

Bagikan:
Artikel Terkait