3 Langkah Kredit Rumah Murah di Kisaran Jakarta!

KPR
Rumah dan Properti
05 Juli 2022
Bagikan:
3 Langkah Kredit Rumah Murah di Kisaran Jakarta!

Mayoritas pasangan muda ataupun orang pada umumnya ingin memiliki hunian pribadi sendiri. Tak jarang mereka akan memilih hunian dekat dengan ibu kota. Hal tersebut sering dirasa mustahil mengingat harga properti yang semakin tahunnya memiliki kenaikan harga, apalagi di daerah ibu kota. Namun, kami memiliki solusi untuk Anda yang mau memiliki hunian yang bergandengan dengan kota Jakarta. Sebagai tambahan, cara pembayaran pun juga bisa menggunakan kredit agar lebih memudahkan Anda dalam membeli rumah atau hunian lainnya. Tentunya kredit rumah murah yang kami sarankan di kisaran Jakarta ini dapat menjadi Langkah awal yang mudah untuk Anda. Berikut panduannya:

Tentukan Lokasi

1. Pilihan Lokasi di Jabodetabek yang Sesuai dengan Budget

Alternatif lain selain tinggal di ibu kota, Anda bisa tinggal di kisaran Jakarta, yaitu Depok, Bekasi, Bogor, dan Cileungsi tentunya dengan harga yang lebih terjangkau. Selain harga, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah memiliki akses transportasi umum dan akses jalan tol yang cukup mudah dijangkau (jika memiliki kendaraan pribadi). Fasilitas pendukungnya pun juga dapat direkomendasikan bagi para penghuni Bodetabek. Seperti fasilitas pendidikan, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan hiburan.

2. Perumahan di Depok

Berikut beberapa rekomendasi perumahan di Depok dengan harga terjangkau berdasarkan data pada Mei 2022:

  • Rekomendasi rumah murah pertama terletak di Duren Mekar, Depok. Kisaran harga yang ditawarkan adalah 350 jutaan dengan tipe 45. Luas bangunan 45 m2 dengan luas lahan 90 m2.
  • Rumah selanjutnya ada di daerah Krukut, Limo, Depok dengan tipe minimalis. Luas bangunan 33m2 dengan luas lahan 64m2. . Kisaran harga yang ditawarkan adalah 359 jutaan.
  • Selanjutnya masih di daerah Bojongsari, Depok memiliki kisaran harga 469 jutaan dengan luas bangunan 30m2 dengan lahan seluas 72m2.

3. Perumahan di Bekasi

Berikut beberapa rekomendasi perumahan di Bekasi dengan harga terjangkau berdasarkan data pada bulan Maret 2022:

  • Rumah murah pertama di Bekasi ada di Sukaraya, Cikarang, Kabupaten Bekasi dengan tipe rumah 27. Luas bangunannya 27m2 luas lahan 60m2 ditawarkan seharga 158 jutaan.
  • Rumah kedua ada di Kertamukti, Cibitung, Kabupaten Bekasi dengan tipe 30/60 HOOK dengan luas bangunan 30m2 dan luas lahan 90m2 dengan harga mulai 168 jutaan.
  • Rumah selanjutnya ada di Jayasampurna, Serang Baru, Kabupaten Bekasi tipe rumah 27/60 dengan luas bangunan 27m2 dan luas lahan 60m2 di bandrol dengan harga kisaran 168 jutaan.

4. Perumahan di Bogor

Berikut rekomendasi perumahan di Bogor dengan harga terjangkau berdasarkan data pada bulan Mei 2022:

  • Rumah murah pertama di Bogor terletak di Jagabaya, Parung Panjang. Harga yang ditawarkan kisaran 150 jutaan dengan luas rumah 31,5m2 dan 60m2
  • Rumah selanjutnya ditaksir dengan harga mulai 168 jutaan di lokasi Cihideung Udik, Ciampea, Kabupaten Bogor dengan luas 36m2 dan luas lahan 72m2.
  • Rekomendasi lainnya ada di daerah Cileungsi dengan kisaran harga 179 jutaan. Luas bangunannya 30m2 dan luas lahannya 60m2.

5. Listing Developer yang Aman dan Terpercaya

Simak beberapa langkah untuk cek legalitas developer yang terpercaya. Hal ini berguna agar kita bisa mendapatkan rumah yang kita beli, agar terhindar dari masalah di kemudian hari.

  • Cek latar belakang dari developer yang Anda pilih
  • Cek kelengkapan berkas
  • Cek rumah contoh
  • Pilih developer yang bekerjasama dengan bank
  • Cek statusnya melalui SIRENG (Sistem Registrasi Pengembang) yang dikeluarkan oleh Kementerian PUPR.
  • Cek melalui Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman (APERSI).

Rajin Cek Bunga KPR & Promo Bank Untuk Skema Bunga Terendah untuk Harga Termurah

1. Mengenal Biaya Proses KPR

Selain persyaratan dokumen, penting juga untuk mencari tahu soal biaya KPR yang diperlukan untuk mengajukan KPR agar Anda dapat mempersiapkannya dengan baik. Berikut beberapa biaya KPR yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan KPR ke Bank tujuan:

  • Biaya proses KPR (uang muka rumah)
  • Biaya notaris (Akad Kredit KPR)
  • Pajak penjualan dan pembelian
  • Biaya provisi KPR
  • Biaya Asuransi

2. Memilih Bank Untuk Melakukan KPR

Untuk membeli properti ada beberapa hal yang harus diperhitungkan salah satunya adalah bank yang terpercaya untuk mengajukan KPR. Berikut beberapa poin untuk Anda dalam mempertimbangkan pemilihan bank KPR:

Reputasi bank Jaringan dan pelayanan Bunga yang ditawarkan oleh bank Birokrasi Hindari bunga tidak stabil Klausul dalam perjanjian KPR Biaya administrasi yang dibebankan

3. Rekomendasi KPR Bank Mandiri

Salah satu bank yang direkomendasikan adalah bank mandiri. Mandiri KPR adalah kredit pemilikan rumah (KPR) bank mandiri yang diberikan secara perseorangan untuk membeli rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan, baik melalui developer atau tidak. Bank mandiri memiliki fitur:

  • Mandiri KPR Take Over
  • Mandiri KPR Flexible
  • Mandiri KPR Top Up
  • Mandiri KPR Angsuran Berjenjang

Kelebihannya adalah suku bunga yang kompetitif, proses cepat dan mudah sejak awal, uang muka ringan, jangka waktu hingga 20 tahun, dan kerjasama dengan lebih dari 900 proyek developer di seluruh Indonesia.

4. Cari Simulasi KPR Dari Beberapa Bank

Penting untuk diketahui, bahwa setiap bank memberikan penawaran yang berbeda-beda. Bahkan sebuah bank memiliki kebijakan bunga yang berbeda beda dari waktu ke waktu. Dengan mencari simulasi KPR bank, nasabah/debitur bisa melakukan prediksi untuk uang muka dan cicilan yang dijalani. Seperti contoh bapak Taufik dibawah ini.

Bapak Taufik berusia 38 tahun dan istrinya ibu Indah berusia 38 tahun merupakan pasangan suami istri. Penghasilan bapak Taufik 12 juta per bulan sebagai karyawan tetap di perusahaan swasta. Begitupun dengan ibu Indah yang merupakan karyawan tetap dengan penghasilan 8 juta per bulan. Kebetulan, mereka juga tidak memiliki cicilan apapun. Mereka berencana untuk membeli rumah primary di Tangerang Selatan seharga 929 juta dengan tenor 15 tahun.

Berikut tabulasinya dengan KPR Mandiri:

new2.png

*Promo rate yang berlaku saat ini di Bank Mandiri

Alternatif Rumah On Budget

1. Rumah Primary (Banyak promo dan diskon)

Karena bangunan baru, maka kebanyakan calon penghuni akan langsung membeli dari developer. Harga yang ditawarkan pun dipatok sama untuk bangunan yang setipe. Biasanya, developer juga memberikan bonus-bonus berupa promo pembayaran, furniture set, dan sebagainya.

2. Rumah Subsidi

Pembangunan rumah subsidi dibantu pemerintah, oleh karena itu harga yang diberikan kepada masyarakat lebih terjangkau. Pembayaran uang muka pun biasanya menjadi kendala saat membeli rumah, namun khusus rumah subsidi DP yang diberikan sangat rendah. DP yang harus dibayarkan biasanya hanya 1 persen atau bahkan 0 persen. Itupun, akan disubsidi oleh pemerintah, dengan skema pembayaran yang disesuaikan.

3. Rumah Over Kredit

Rumah over kredit memiliki berbagai keunggulan dan dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk membeli rumah yang on budget. Beberapa di antaranya adalah:

  • Surat kepemilikan yang lebih aman karena rumah yang dibeli melalui KPR tentunya sudah melalui proses seleksi bank karena bank tidak mungkin sembarangan dalam memilih rumah yang akan dijual.
  • Suku bunga KPR yang lebih rendah
  • Harga jual lebih tinggi. Membeli unit jual rumah yang masih dijaminkan dengan nilai kredit beberapa tahun yang lalu berarti Anda membeli properti dengan nilai taksiran masa lalu. Di masa depan, kemungkinan besar harga jualnya akan lebih tinggi.

4. Rumah dengan DP 0%

Keunggulan dari rumah tanpa DP yang dapat Anda dapatkan adalah harga properti yang Anda inginkan selagi bank tempat Anda mengajukan KPR bersedia dan memenuhi syarat untuk memberikan KPR dengan uang muka 0% maka Anda bisa membelinya dengan cicilan tanpa uang muka.

5. Konsultasikan Pada yang Ahli (CTA)

Tentunya, untuk mengajukan KPR Anda pun juga perlu berkonsultasi kepada yang ahli. Selain dapat mempersingkat waktu Anda, Anda pun juga akan mendapatkan edukasi penuh seputar properti yang ingin Anda ketahui. Tim Mortgage Master terdiri dari orang-orang ahli dan berpengalaman yang sudah berkecimpung di industri KPR selama bertahun-tahun. Semua layanan konsultasi dari Mortgage Master bisa Anda dapatkan secara gratis, tanpa dipungut biaya apapun.

Kami bahkan memiliki kebijakan yang sangat ketat untuk tidak menerima uang dari nasabah, karena kami paham bahwa proses pengajuan KPR sudah memakan biaya yang cukup besar. Fasilitas konsultasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis hanya dengan mengisi formulir registrasi secara online. Mau beli Rumah dengan KPR? Mulai konsultasi dengan Mortgage Master Sekarang!

Bagikan:
Artikel Terkait