10 Tips Bikin Hunian Jadi Nyaman buat Keluarga, Dijamin Makin Betah Dirumah!

KPR
Rumah dan Properti
05 Juli 2022
Bagikan:
10 Tips Bikin Hunian Jadi Nyaman buat Keluarga, Dijamin Makin Betah Dirumah!

Kali ini kita akan bahas bagaimana cara bikin rumah jadi nyaman terutama buat anggota keluarga. Sibuknya kegiatan di luar rumah dan hiruk-pikuk perkotaan, pasti membuat Anda ingin suasana rumah yang aman, nyaman, dan hangat. Apalagi kalau suasana rumah tersebut punya vibes seperti sedang staycation. Mau punya rumah rasa staycation? Simak yuk 10 tips berikut ini supaya lebih betah dirumah!

10 Tips Bikin Rumah Jadi Semakin Nyaman

1. Air yang Bersih

Yang paling utama untuk mencapai rumah nyaman dan sehat adalah air yang bersih. Pastikan semua kran sudah dipasangi sistem penyaringan yang memadai yang dapat menjamin air layak dikonsumsi dan digunakan untuk berbagai kebutuhan di rumah.

2. Pencahayaan yang Cukup Dan Ventilasi yang Baik

Untuk membuat seluruh anggota keluarga bisa hidup sehat, udara di dalam rumah harus terus berganti. Dengan membuat beberapa jendela, mengatur sirkulasi udara di area dapur, ruang tamu, dan ruangan lainnya akan membuat udara alami masuk dan mengatur sirkulasi udara dengan baik sehingga rumah tidak lembab dan nyaman.

3. Pengelolaan Sampah dan Limbah Dengan Baik

Penghuni rumah sudah dipastikan memproduksi sampah setiap harinya. Untuk itu, Anda bisa mulai dengan mengatur sampah dan limbah dengan baik. Hal ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, mulai dari mengatur septic tank hingga saluran pembuangan air di rumah Anda. Selain itu, kelola juga sampah di rumah Anda dengan cara yang tepat, agar tidak sampai bau dan menimbulkan masalah dengan memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan sampah yang bukan untuk di daur ulang.

4. Lingkungan Asri dengan Penghijauan

Membuat lingkungan yang asri bisa dengan menambahkan aksen hijau alami dengan tanaman. Anda bisa menggunakan tanaman hias ke dalam rumah. Hal ini merupakan tips selanjutnya untuk menciptakan desain rumah yang nyaman dan asri. Rasa sejuk dan tenang bisa tercipta jika terdapat tanaman tanaman hidup di rumah. Tapi hal yang perlu Anda ingat, pastikan untuk merawatnya dengan baik ya.

5. Akses Mudah atau Lokasi yang Strategis

Hunian yang memiliki lokasi strategis dapat membuat kegiatan sehari-hari menjadi lebih nyaman karena memiliki beberapa kelebihan salah satunya jika rumah Anda dekat dari tempat bekerja. Hal tersebut tentu dapat membuat Anda bisa cepat sampai rumah untuk beristirahat ataupun berkumpul bersama keluarga. Berlaku juga jika rumah Anda memiliki akses yang mudah, Anda tidak akan merasa repot untuk pergi menuju tempat kerja.

6. Sistem Keamanan yang Tinggi

Rumah yang nyaman tentunya harus aman. Baik secara internal maupun eksternal. Aman secara internal artinya rumah tersebut sehat untuk ditinggali, sedangkan aman secara eksternal merujuk kepada keadaan lingkungan di luar rumah. Anda bisa mulai dengan menggunakan CCTV, Smart lock door, dan alat keamanan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Dekorasi Elegan Tapi Minimalis

Langkah selanjutnya bisa dengan merubah letak posisi perabotan dalam ruangan untuk menghadirkan pemandangan baru. Tambahkan beberapa pernak-pernik hiasan atau perabotan pada bagian rumah yang terlihat kosong. Contohnya dengan menggunakan perabotan yang compact dengan desain yang elegan. Serbaguna tapi tetap gaya kan?

8. Pemilihan Warna Interior yang Soft

Anda bisa mulai dengan pemilihan warna cat. Untuk membuat rumah nyaman dan asri, pemilihan warna cat menjadi hal yang patut dipikirkan matang-matang. Semua warna memiliki kesan unik tersendiri, seperti pemilihan warna abu-abu, putih, dan warna-warna pastel. Yang perlu Anda ingat, pemilihan cat juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan sesuai dengan Anda ya agar tidak menyesal nantinya.

9. Penggunaan Furniture Kayu

Untuk menambah kesan hangat di rumah, Anda bisa menggunakan furniture dan perlengkapan yang dibuat dengan unsur kayu. Contohnya dengan penggunaan lantai kayu, meja dan kursi kayu, lemari kayu, rak kayu, pot tanaman dari kayu, nampan kayu dan unsur kayu lainnya.

10. Pemasangan Karpet pada Beberapa Ruangan

Pelengkap penting lainnya adalah menggunakan karpet pada beberapa ruangan untuk menambah kenyamanan di rumah. Untuk memilih karpet yang nyaman, Anda bisa memilih karpet dengan tekstur yang mudah perawatannya, lembut, dan pemilihan motif yang sesuai dengan interior ruangan Anda.

Kelebihan Memiliki Hunian yang Nyaman

  • Penghuni Lebih Sehat Jasmani dan Rohani Hunian yang sehat tentu akan membuat nyaman para penghuninya. Rumah sehat adalah rumah yang dapat memenuhi kebutuhan rohani dan jasmani secara layak. Contoh dari kebutuhan jasmani adalah kegiatan membaca, olahraga, berpakaian, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan rohani mencakup ibadah, hiburan di rumah, kumpul bersama keluarga, dan masih banyak lagi.

  • Hemat! Bisa healing Setiap Hari di Rumah Selain bisa membuat Anda lebih sehat jasmani dan rohani, kelebihan hunian nyaman bisa membuat Anda berhemat namun tetap bisa healing setiap hari. Dengan mengikuti tips di atas, punya rumah rasa staycation bukan cuma mimpi. Jadi, Anda tetap bisa saving!

  • Quality Time dengan Keluarga Semakin Hangat Lalu kegiatan apa saja ya untuk Healing di rumah? Kegiatan bersama keluarga bisa menambah waktu yang berkualitas untuk keluarga salah satunya adalah menonton bersama. Pastikan untuk memilih judul film yang sesuai dengan usia anak Anda atau tanya dulu film apa yang ingin ditonton anak. Disisi lain, Anda bisa menyediakan berbagai makanan bergizi untuk menemani waktu menonton bersama anak.

Rekomendasi Hunian Rasa Staycation di Jabodetabek

  • Hunian Asri dengan Konsep Tropical Resort di Tangerang, hunian ideal pertama dengan konsep tropical resort ini berada di Kawasan Cikupa, Tangerang. Developer yang membangun Kawasan tersebut mengembangkan tipe smart home yang berada di tengah lapangan golf. Lingkungan tersebut juga asri dan sejuk serta memiliki jalan yang besar. Perumahan tersebut nantinya akan dikembangkan menjadi kota mandiri dengan fasilitas yang lengkap. Harga yang dibanderol mulai dari 1,5M dengan aksesnya yang dekat dengan jalan tol, dekat exit tol Cikupa.

  • Rumah Ramah Lingkungan di Jakarta Timur, hunian ramah lingkungan satu ini bisa Anda dapatkan di daerah Cakung, Jakarta Timur. Dengan konsep eco township, perumahan ini menjadi kawasan hunian modern terbesar dan terlengkap dengan berbagai fasilitas yang menarik. Lingkungan ruang terbuka hijau asri serta adanya danau menjadi hunian ideal di kota metropolitan seharga mulai dari Rp 1M-an.

  • Tempat Tinggal Strategis dan Sejuk di Jagakarsa, kawasan di Jagakarsa ini masih berada di daerah Jakarta Selatan yang berbatasan dengan Depok. Hunian ini memiliki luas tanah 80m2 dan luas bangunan 100m2 yang terdapat 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Rumah tersebut dibanderol seharga Rp 900 juta. Hunian ini dikelilingi oleh 5 taman, danau buatan setu babakan, dan hanya 5 menit untuk sampai ke Stasiun Lenteng Agung, serta 10 menit ke pintu tol Kukusan, Beji.

  • Perumahan Ciamik di Kota Mandiri Bekasi, salah satu tipe cluster di Bekasi ini memiliki desain double fasad yang langsung menghadap danau dengan nuansa alam nan asri. Setiap unit hunian memiliki 2 lantai yang dilengkapi 4+1 kamar tidur, 3 kamar mandi, 2 carport dan kanopi, hingga akses langsung menuju jogging track dan danau. Hunian ini dimulai dari harga Rp 1,5M-an.

Anda juga bisa lho punya rumah nyaman dan asri serasa sedang staycation dengan cicilan KPR tanpa harus repot datengin bank satu-satu yang akan menyita banyak waktu Anda. Caranya gampang banget! Anda bisa hubungi kami tim Mortgage Master yang siap membantu anda mencari alternatif KPR multiguna terbaik sampai prosesnya selesai. Fasilitas konsultasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis hanya dengan mengisi formulir registrasi secara online.

Bagikan:
Artikel Terkait