10 Cara Jitu Memilih dan Membeli Apartemen

Rumah dan Properti
22 Mei 2023
Bagikan:
10 Cara Jitu Memilih dan Membeli Apartemen

Semakin banyak apartemen yang tersedia di pasaran, di satu sisi membuat kita menjadi lebih leluasa dalam memilih, tapi di sisi lain juga membuat kita bingung harus memilih yang mana. Dari sekian banyak pilihan, manakah yang terbaik, yang paling sesuai dengan budget kita tapi yang juga bisa memenuhi kebutuhan kita?

Sama seperti rumah, apartemen merupakan aset berharga yang akan kita gunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, sebelum membelinya, penting untuk memikirkan segala aspek dengan matang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Bagi Anda yang berencana membeli apartemen dalam waktu dekat, berikut ini Mortgage Master berikan sejumlah cara jitu untuk mendapatkan apartemen terbaik.

1. Tentukan anggaran Anda

Pertama-tama, tentukan berapa banyak uang yang dapat Anda keluarkan untuk membeli apartemen. Ini akan membantu Anda mempersempit daftar pilihan apartemen yang sesuai dengan anggaran Anda.

Bujet membeli apartemen ini harus Anda pikirkan baik-baik, karena sangat berdampak kepada beban finansial Anda dalam jangka panjang. Sesuaikan bujet pembelian apartemen dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan, di antaranya lokasi, spesifikasi apartemen, sarana dan prasarana gedung, dan seterusnya.

2. Tentukan lokasi

Masih berkaitan dengan poin di atas, hal selanjutnya yang perlu Anda pikirkan adalah lokasi apartemen. Lokasi akan sangat mempengaruhi harga apartemen, jadi secara langsung juga akan berdampak kepada anggaran Anda. Semakin baik dan strategis lokasi, maka biasanya harga apartemen akan semakin mahal.

Jika Anda mencari apartemen dengan harga terjangkau, maka alternatifnya Anda bisa memilih apartemen yang berada di pinggiran kota tapi memiliki akses yang baik, misalnya yang dekat dengan sarana transportasi publik. Apartemen seperti ini biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan apartemen yang terletak di tengah kota.

3. Tentukan tipe dan ukuran apartemen

Tentukan berapa banyak ruangan yang Anda butuhkan, serta tipe apartemen yang diinginkan, seperti studio, satu kamar tidur, dua kamar tidur, atau lebih. Pertimbangkan kebutuhan Anda saat ini dan juga kebutuhan masa depan. Tapi tetap ingat bahwa semakin besar tipe apartemen yang Anda pilih, maka akan semakin tinggi pula harganya.

Meski demikian, Anda bisa juga mendapatkan apartemen berukuran cukup luas dengan harga lebih miring jika Anda mencarinya di daerah yang lebih ke pinggir kota. Umumnya, di daerah pinggiran, harga properti termasuk apartemen akan lebih murah jika dibandingkan yang di pusat kota. Dan kabar baiknya, kini akses transportasi dan infrastruktur di area-area ini sudah semakin baik, jadi masih bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda yang bekerja di kota besar.

4. Cek fasilitas

Periksa fasilitas yang disediakan oleh apartemen, seperti kolam renang, gym, taman bermain, ruang pertemuan, dan lain sebagainya. Pastikan fasilitas yang disediakan sesuai dengan kebutuhan Anda, karena setiap apartemen menyediakan fasilitas yang berbeda-beda. Pastikan juga bahwa fasilitas yang diberikan akan mampu memenuhi kebutuhan Anda tak hanya di saat ini, tapi juga di masa depan.

5. Cek peraturan apartemen

tips memilih apartemen.jpg

Hal lain yang perlu Anda periksa dan pertimbangkan saat akan membeli apartemen adalah peraturan yang berlaku. Berbeda dengan rumah tapak, apartemen memiliki peraturan yang lebih ketat karena semua unitnya berada dalam satu gedung yang sama.

Agar bisa tinggal dengan nyaman, pastikan bahwa peraturan yang berlaku di apartemen tersebut sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda. Beberapa peraturan yang paling sering ditemukan di apartemen, di antaranya peraturan soal binatang peliharaan, kebijakan merokok dalam unit, aturan renovasi, dan sebagainya. Baca seluruh peraturan ini dengan teliti agar Anda tak menyesal di kemudian hari.

6. Periksa kondisi bangunan

Tak semua apartemen merupakan gedung atau bangunan baru. Ada juga apartemen yang berupa gedung lama, yang sudah dibangun puluhan tahun yang lalu. Terlepas dari usia bangunannya, tetap penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi bangunan apartemen tersebut, apakah masih layak huni atau tidak, apakah ada kerusakan berarti atau tidak, dan seterusnya.

Jika memungkinkan, tanya pula kepada tetangga di sekitar unit Anda mengenai perawatan gedung dari manajemen apartemen. Apakah perawatan rutin dilakukan, bagaimana biasanya respon manajemen terhadap komplain penghuni terkait fasilitas gedung, dan sebagainya. Ini akan membantu Anda memutuskan apakah apartemen tersebut layak Anda beli atau tidak.

7. Cek lahan parkir

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, ketersediaan lahan parkir merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih apartemen. Tidak semua apartemen menyediakan area parkir bagi penghuninya, terutama untuk kendaraan roda empat. Ada pula apartemen yang memiliki area parkir, tapi tidak menjamin penghuni mendapat akses untuk spot parkir tersendiri.

Hal-hal seperti ini yang perlu Anda periksa. Ketersediaan lahan parkir, berapa biaya parkir untuk penghuni, apakah ada spot parkir yang didedikasikan untuk penghuni, dan seterusnya. Cek juga apakah lahan parkir yang disediakan oleh manajemen gedung termasuk aman dan layak.

8. Cek legalitas bangunan

Sama seperti membeli rumah, legalitas merupakan aspek yang penting saat membeli apartemen. Tentunya Anda tak ingin tersandung sengketa hukum di kemudian hari karena status kepemilikan unit apartemen Anda bermasalah.

Anda perlu memastikan bahwa unit apartemen yang ingin Anda beli memiliki dokumen legal yang lengkap, mulai dari surat izin mendirikan bangunan (IMB), izin penggunaan bangunan, izin kelayakan unit apartemen, dan izin prinsip serta izin lokasi. Jangan lupa juga cek sertifikat hak milik (SHM) untuk mengetahui apakah masing-masing unit apartemen sudah terbagi secara sah.

9. Riset soal pengembang dan manajemen apartemen

Mengetahui rekam jejak pengembang dan manajemen gedung apartemen akan membantu memberikan gambaran bagaimana apartemen dikelola. Semakin baik reputasi pengembang dan manajemen gedung, maka biasanya akan semakin baik pula pengelolaan dan perawatan gedung apartemen. Anda pun bisa tinggal di sana dengan lebih tenang dan nyaman.

10. Perhatikan biaya-biaya rutin

Perlu dicatat bahwa biaya hidup di apartemen umumnya lebih mahal ketimbang tinggal di rumah tapak. Beberapa biaya rutin yang perlu Anda keluarkan ketika menghuni apartemen, di antaranya biaya perawatan gedung, biaya utilitas seperti air dan listrik, biaya parkir, sampai biaya keamanan dan kebersihan.

Sebelum memutuskan membeli apartemen, ada baiknya Anda mengetahui berapa besaran biaya-biaya rutin ini agar tidak kaget di kemudian hari. Dengan begitu, Anda juga bisa menyesuaikan anggaran bulanan dengan lebih baik ke depannya.

Membeli apartemen perlu dilakukan dengan hati-hati dan cermat untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat optimal. Semoga 10 tips di atas dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat ketika mencari apartemen impian. Selamat mencoba!

Bagikan:
Artikel Terkait